Home Biodiversitas Ikan Barramundi, Si Kakap Putih yang Unggul dan Kaya Nutrisi

Ikan Barramundi, Si Kakap Putih yang Unggul dan Kaya Nutrisi

Ikan Barramundi atau Kakap Putih (Sumber foto: dwsestamparia.com.br)

Agrozine.id – Ikan barramundi atau yang dikenal juga sebagai kakap putih adalah salah satu jenis ikan populer yang banyak digemari. Barramundi adalah salah satu jenis ikan yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Ikan ini memiliki banyak keunggulan, mulai dari rasa yang lezat, teksturnya yang lembut, kandungan nutrisi yang tinggi, hingga habitat yang luas. Yuk Sobat Agro, kenali ikan ini lebih jauh.

Barramundi berasal dari wilayah Indo-Pasifik Barat, meliputi Asia Tenggara, Papua Nugini, dan Australia Utara. Ikan yang bernama ilmiah Lates calcarifer ini adalah jenis ikan dalam keluarga Latidae dari ordo Perciformes. Ikan ini dikenal dengan nama pla kapong di Thailand dan barramundi di Australia. Oleh komunitas ilmiah internasional ikan ini disebut sebagai Asian sea bass (kakap laut Asia) atau Australian sea bass (kakap laut Australia). Ikan ini merupakan salah satu komoditas budidaya laut unggulan di Indonesia.
Ikan ini dapat hidup di berbagai habitat, seperti air tawar, air asin, dan muara. Kakap putih merupakan ikan demersal alias menghuni dasar sungai/laut, baik di perairan bersih maupun keruh, biasanya dalam rentang suhu 26−30 °C. Budidayanya dilakukan di tambak, kolam air tawar, dan keramba jaring apung. Ikan ini merupakan karnivora dan makanannya terdiri dari ikan kecil, udang, dan kepiting.
Ciri fisik barramundi cukup khas, yaitu tubuh memanjang dengan mulut besar yang sedikit mencong. Rahang atasnya memanjang sampai ke belakang mata. Tepi bawah tulang pipinya (preoperculum) memiliki gerigi dengan duri tajam di bagian sudut. Warna tubuhnya perak dengan sirip berwarna kuning keemasan. Ikan ini panjang tubuh rata-ratanya sekitar 6–12 m dan beratnya mencapai 60 kilogram. Dagingnya berwarna putih dan padat.
Tutup insangnya memiliki duri kecil dan penutup bergerigi di atas pangkal gurat sisi. Ikan ini memiliki sisik tipe sisir yang berukuran besar dan berwarna perak gelap atau terang, tergantung lingkungan tempat hidupnya. Jika dilihat secara melintang, ikan ini tampak gepeng dan raut kepalanya terlihat cekung. Sirip tunggal di punggung dan perutnya berduri, sedangkan sirip pasang di dada dan panggulnya tidak berduri. Sirip ekornya pendek dan bulat.
Barramundi kaya akan nutrisi penting, seperti protein, vitamin A, vitamin D, natrium, kalsium, selenium, zat besi, kalium, dan omega-3. Kandungan ini memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti:

  • Meningkatkan kesehatan jantung
  • Meningkatkan fungsi otak
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Membantu perkembangan anak

Ada beberapa fakta menarik lainnya dari ikan barramundi ini, yaitu:

  • Barramundi adalah salah satu spesies ikan purba yang telah ada sejak jutaan tahun lalu.
  • Ikan ini memiliki perlawanan yang kuat saat dipancing, sehingga menjadikannya target favorit para pemancing.
  • Barramundi merupakan simbol keberuntungan di beberapa budaya. Barramundi dihormati oleh beberapa budaya Aborigin di Australia. Barramundi merupakan ikon budaya di Australia dan sering digambarkan dalam seni dan literatur.
  • Barramundi adalah salah satu jenis ikan yang paling berkelanjutan karena mudah dibudidayakan dan memiliki tingkat reproduksi yang tinggi.
    Ikan barramundi adalah pilihan tepat bagi kamu yang mencari hidangan lezat dan kaya nutrisi. Dengan kandungan protein yang tinggi dan berbagai manfaat kesehatan, barramundi layak menjadi bagian dari menu makananmu. Barramundi dapat diolah dengan berbagai cara yang kamu suka, seperti digoreng, dibakar, dipanggang, atau dijadikan sup. (das)

Yuk, tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here