Home Perikanan Ikan Betutu, Ikan Pemalas Yang Bernilai Jual Tinggi

Ikan Betutu, Ikan Pemalas Yang Bernilai Jual Tinggi

Sumber Foto: cdn11.bigcommerce.com

Agrozine.id – Tahukah kamu ikan betutu? Mungkin namanya tidak populer, tetapi ikan ini ternyata banyak dicari orang karena khasiatnya dan digemari oleh konsumen di luar negeri. Dagingnya yang enak, gurih, dan lembut membuatnya banyak disajikan sebagai menu spesial di resto ternama. Harganya cukup tinggi, di pasar ikan harganya Rp 150.000 – 180.000 per kilogram. Sedangkan untuk harga menu ikan ini di restoran-restoran mewah dan hotel berbintang bisa mencapai Rp 200.000 – 300.000 per kilogram.

Ikan betutu atau yang biasa dikenal sebagai “gabus malas” bernama latin Oxyeleotris marmorata. Ikan ini memiliki nama yang beragam di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan hantu, dan sebagainya. Sementara itu, dalam bahasa inggris, ikan ini disebut sebagai marble goby atau marble sleeper, merujuk pada pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan.

Ikan betutu bertubuh kecil sampai sedang dengan proporsi kepala yang lebih besar. Panjang tubuhnya maksimum sekitar 65 cm, tetapi kebanyakan hanya antara 20–40 cm atau kurang. Ikan ini berwarna merah bata pudar, kecokelatan atau kehitaman, dengan pola-pola gelap simetris di tubuhnya. Sirip dorsal (punggung) yang sebelah muka dengan enam jari-jari yang keras (duri) dan yang sebelah belakang dengan satu duri dan sembilan jari-jari yang lunak. Sirip anal dengan satu duri dan 7–8 jari-jari lunak. Sisik-sisik di tengah punggung, dari belakang kepala hingga pangkal sirip dorsal 60–65 buah. Sisik-sisik di sisi tubuh, di sepanjang gurat sisi berjumlah 80–90 buah.

Seperti dicerminkan oleh namanya, ikan “gabus malas” ini malas bergerak atau berpindah tempat. Ia cenderung diam saja di dasar perairan, sekalipun diusik. Hanya di malam hari betutu agak aktif, memburu udang, ikan-ikan kecil, kepiting, atau siput air. Biasanya ikan ini bisa didapatkan di bagian terlindung sungai-sungai, rawa, waduk, saluran air, maupun parit.

Ikan betutu berkhasiat besar untuk kesehatan. Ikan ini mengandung vitamin E sehingga dapat membantu menghaluskan kulit dan menjaga kulit tampak awet muda. Ikan ini juga mengandung banyak enzim dan hormon yang dapat meningkatkan vitalitas kaum pria. Kandungan albumin yang kaya pada ikan betutu juga berkhasiat mempercepat penyembuhan pasca operasi, mempercepat pengeringan luka jahitan, menyembuhkan nyeri, membantu pengobatan patah tulang, mencegah infeksi hepatitis, dan menyembuhkan luka bakar.

Ikan betutu dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan mengurangi risiko terkena serangan jantung. Berbagai vitamin yang ada pada daging ikan betutu membuatnya dipercaya sebagai makanan yang membantu terapi anak autis. Anak autis yang mengkonsumsi daging ikan ini dapat lebih peka dan lebih berkembang. (das)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here