Home Ikan Hias Ikan Kerapu Neptunus, Ikan Menawan Seharga Mobil Listrik

Ikan Kerapu Neptunus, Ikan Menawan Seharga Mobil Listrik

Ikan Kerapu Neptunus (Sumber foto: churaumi.okinawa)

Agrozine – Ada beragam jenis ikan kerapu, tapi yang satu ini harganya paling fantastis. Ikan kerapu neptunus yang bernama ilmiah Cephalopholis igarashiensis adalah ikan hias laut yang terkenal dengan keindahannya. Yuk Sobat Agro, kenali ikan kerapu neptunus ini.

Habitat

Kerapu neptunus hidup di laut dalam, pada kedalaman 60 hingga 600 meter. Ikan ini dapat ditemukan di berbagai wilayah, termasuk Indo-Pasifik, Laut Merah, Afrika Timur, dan Kepulauan Hawaii.

Ciri-ciri

Kerapu ini memiliki tubuh yang besar dan panjang, dengan panjang maksimum mencapai 2 meter. Ikan ini memiliki warna kuning cerah dengan belang-belang putih di tubuhnya. Kepala Besar dan memiliki moncong yang tumpul. Mulutnya besar dengan gigi tajam. Matanya cukup besar berwarna hitam. Memiliki dua lubang hidung di atas moncongnya. Operkulum (tutup insang) besar.

Ikan ini memiliki garis lateral yang jelas di sepanjang sisi tubuhnya. Sirip punggung panjang dan terbagi menjadi dua bagian. Sirip dada besar dan kuat. Sirip perut kecil dan terletak di dekat dada. Sirip dubur panjang dan terhubung dengan sirip ekor. Sirip ekor membulat. Sisiknya kecil dan halus, tersusun dalam tatanan cycloid.

Perilaku dan Makanan

Kerapu neptunus adalah karnivora yang memakan ikan kecil, kepiting, udang, dan cumi-cumi. Ikan ini adalah predator puncak di habitatnya dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Ikan ini adalah predator soliter yang aktif di malam hari. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya bersembunyi di celah-celah batu dan karang, menunggu mangsanya. Ketika mangsa mendekat, ikan ini akan menyerangnya dengan cepat. Ikan ini adalah perenang yang lambat dan anggun. Mereka menggunakan siripnya yang besar untuk berenang di air.

Status Konservasi

Kerapu neptunus diklasifikasikan sebagai “Hampir Terancam” oleh IUCN (International Union for Conservation of Nature) karena populasi yang menurun akibat penangkapan ikan berlebihan.

Ada fakta menarik tentang ikan kerapu neptunus, yaitu:

  • Termasuk ikan termahal di dunia. Ikan hias ini dijual dengan harga000-8.000 USD atau sekitar 94-125 juta rupiah per ekor! Tak heran jika harganya fantastis karena ikan ini termasuk ikan langka yang memiliki usia hidup rata-rata hingga 30 tahun.
  • Ikan ini bersifat hermafrodit protogini. Jadi, mereka dilahirkan sebagai betina dan kemudian berubah menjadi jantan saat dewasa.

Kerapu neptunus adalah ikan hias yang sangat indah dan menawan. Ikan ini dapat menjadi tambahan yang luar biasa untuk akuarium laut yang besar. Namun, karena harganya yang mahal dan status konservasi yang hampir terancam, penting untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum memelihara ikan ini. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here