Home Ikan Hias Ikan Mas Laut, Penghuni Terumbu Karang Paling Berwarna

Ikan Mas Laut, Penghuni Terumbu Karang Paling Berwarna

abyssaquatics.co.uk

Agrozine Inilah ikan mas versi air asin alias laut. Ikan mas laut atau sea goldie memiliki banyak julukan, yaitu orange basslet, lyretail coralfish, onestripe goldie, lyretail anthias, lyretail fairy basslet, orange fairy basslet, orange seaperch, scalefin basslet, scalefin fairy basslet dan scalefin anthias. Ikan ini dari subfamili Anthiinae, bagian dari famili Serranidae.  

Ikan mas laut ditemukan di Samudra Hindia bagian barat termasuk Laut Merah, dan di Samudra Pasifik hingga ke Jepang dan Australia tenggara. Ikan ini diperdagangkan sebagai ikan hias.

Persebaran ikan ini di Indonesia dari Selat Bali sampai Laut Timor dan juga Kepulauan Mentawai. Juga tersebar dari Kepulauan Raja Ampat, Manado dan sekitarnya, Pulau Sangalakki, Kepulauan Togean, Banggai dan Pulau Weh.

Ikan mas laut memiliki ukuran jauh lebih kecil dari kerabat mereka, ikan kerapu. Ikan ini memainkan peran penting dalam komunitas terumbu karang. Kelompok ikan ini sangat berlimpah dalam hal jumlah individu dan sering berkelompok dalam jumlah yang banyak, terutama yang berdekatan dengan tebing terumbu karang yang curam.

Jenis makanan utama ikan ini adalah zooplankton. Oleh karena itu, kelompok ikan mas laut biasanya ditemukan di daerah yang tersapu oleh arus kuat secara periodik. Ikan ini hidup di sekitar singkapan karang di laguna yang jernih, patch reefs, dan lereng curam hingga kedalaman 35 m. Ikan ini merupakan salah satu penghuni terumbu karang yang paling berwarna, biasanya menunjukkan warna kuning, merah, ungu, magenta, dan merah muda yang mempesona. Secara umum jantan lebih berwarna dan biasanya kalah jumlah dengan betina.

Kelompok ikan ini memiliki genus Pseudanthias sp., yang terdiri atas Pseudanthias bimaculatus (Two-spot Anthias), Pseudanthias dispar (Red-fin Anthias), Pseudanthias huchtii (Thread-fin Anthias), Pseudanthias hypselosoma (Stocky Anthias), Pseudanthias lori (Lori’s Anthias), Pseudanthias squamipinnis (Scale-fin Anthias), dan Pseudanthias tuka (Purple Anthias).

Spesies ikan mas laut jantan dan betina memiliki perbedaan ciri fisik yang nyata. Ikan betina panjangnya hingga 7 cm. Ikan jantan panjangnya hingga 15 cm dan tepi ekornya memanjang. Pola warna dan ukuran transisi jenis kelamin sedikit berbeda dari wilayah satu dan lainnya. 221 spesies ikan ini terdapat beberapa variasi warna, baik jantan maupun betina.

Ikan ini bersifat hermafrodit, dapat berganti jenis kelamin. Seekor jantan mempertahankan pasangan yang terdiri dari lima sampai 10 betina. Ketika jantan mati, salah satu betina akan mengalami pembalikan kelamin dan menggantikan jantan yang hilang. Pemijahan terjadi saat matahari terbenam.

Demikian informasi tentang ikan mas laut. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kamu untuk turut serta melestarikan ikan cantik ini. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here