Home Pertanian Ikuti Cara Ini, Budidaya Cepat Bawang Bombay

Ikuti Cara Ini, Budidaya Cepat Bawang Bombay

Cara Mudah Budidaya Bawang Bombay

Agrozine.id – Cara budidaya bawang bombay. Ini merupakan salah satu jenis bawang yang berasal dari Bombay, India. Bawang bombay memiliki ukuran lebih besar jika dibandingkan dengan bawang merah dan putih yang biasa kita temukan di dapur. Bawang bombay memiliki lapisan daging yang tebal dengan aroma yang kuat dan rasanya sedikit manis.

Bawang bombay memiliki kandungan karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Sehingga, bawang bombay bernilai ekonomis yang tinggi.

cara budidaya bawang bombay

Kebanyakan orang menilai cara budidaya bawang bombay sangat sulit dan memerlukan persiapan dan perawatan yang khusus. Namun, hal itu tidak benar, karena untuk budidaya bawang bombay yang paling penting dilakukan adalah mengenali syarat tumbuhnya.

budidaya bawang bombay

Cara Budidaya Bawang Bombay

  • Kenali syarat tumbuh

Bawang bombay cocok ditanam pada daerah pegunungan dengan ketinggian sekitar 800-1000 mdpl. Suhu ideal untuk bawang bombay adalah sekitar 180C – 200C. Tanah yang digunakan untuk budidaya bawang ini yaitu tanah gembur dengan pH tanah sekitar 5,5-6,5 dan drainase yang baik.

  • Perhatikan waktu tanam

Musim kemarau adalah waktu yang pas untuk mulai menanam bawang bombay. Namun, pada awal pertumbuhan harus dilakukan penyiraman air yang cukup dan teratur, ini merupakan cara budidaya bawang bombay yg perlu di perhatikan.

  • Pembibitan

Pembibitan yang paling umum dilakukan di Indonesia adalah menggunakan umbi. Cari bibit bawang bombay yang unggul. Kemudian, cuci bersih dan simpan bibit di tempat yang lembab dan teduh selama 2-3 minggu hingga muncul tunas.

  • Penyiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam harus gembur. Dilengkapi dengan peneduh untuk melindungi persemaian dari cahaya matahari langsung. Sebelum penanaman dilakukan pengolahan tanah dan membuat bedengan-bedengan. Sekitar 1 minggu sebelum penanaman lakukan pemupukan secara teratur.

Baca Juga : Proyek Budidaya Salmon Ceri untuk Akuakultur Berkelanjutan

  • Penanaman

Sehari sebelum tahap penanaman dalam cara budidaya bawang bombay, potong ujung umbi lalu keringkan. Buat lubangan pada media tanam untuk membenamkan umbi. Beri jarak tanam 20×20 cm agar umbi bawang dapat tumbuh dengan baik.

  • Pemeliharaan

Unsur pemeliharaan tanaman bawang bombay meliputi penyiraman, penyiangan serta pemberantasan penyakit dan hama.

  • Pemanenan

Bawang bombay dapat dipanen setelah berumur 4-5 bulan. Bawang bombay adalah tanaman sekali panen. Jika ingin kembali menanam bawang bombay, maka setelah panen harus segera dilakukan perawatan lahan.

Baca Juga : Cara Budidaya Eceng Gondok , Manfaat dan Peluang Usahanya

Demikianlah cara budidaya bawang bombay dari awal hingga panen yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here