Home Perkebunan Ingin Kuliah Pertanian? Yuk Kenali Jurusan Ilmu Tanah dan Prospek Kerjanya

Ingin Kuliah Pertanian? Yuk Kenali Jurusan Ilmu Tanah dan Prospek Kerjanya

Agrozine.id – Ingin kuliah pertanian? Ada banyak kampus di Indonesia yang memiliki jurusan pertanian. Kamu tinggil pilih saja mau dimana. Tapi sebelum itu,kenali dulu yuk jurusan yang ada di fakultas pertanian. Beberapa kampus yang memiliki jurusan pertanian dimana salah satu jurusannya adalah ilmu tanah. Yuk kenali jurusan ilmu tanah dan prospek kerjanya.

Kuliah di jurusan ilmu tanah tidak melulu kamu belajar mengenai  tanah saja. Secara umum ada dua cabang ilmu tanah yaitu pedologi dan edafologi. Pedologi mempelajari tanah sebagai objek geologi sedangkan edafologi mempelajari tentang tanah sebagai pendukung kehidupan. Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ilmu tanah juga banyak mulai dari fisikan tanah, konservasi tanah dan air, reklamasi tanah, perencanaan dan pengembangan wilayah dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Tanah

1.Bidang lingkungan

Lulusan jurusan ilmu tanah bisa bekerja di bidang lingkungan. Kamu bisa menjadi konsultan lingkungan yang tugasnya memberikan penyuluhan tentang lingkungan kepada masyarakat.

2. Ahli konservasi tanah

Jurusan kuliah dan mata pelajaran yang kamu kuasai selama kuliah bisa memberi peluang untuk kamu bekerja sebagai ahli konservasi tanah. Seorang ahli konservasi tanah bertugas untuk mengumpulkan informasi dasar mengenai konservasi tanah dan kemudian mengimplementasikan tindakan konservasi yang dibutuhkan untuk masalah yang ditemui.

3. Bidang pertambangan

Lulusan jurusan ilmu tanah juga berkesempatan bekerja di bidang pertambangan. Ilmu reklamasi tanah yang kamu pelajari saat kuliah akan sangat membantumu bekerja di pertambangan.

4. Bidang pendidikan

Jika kamu memiliki kemampuan mengajar, juga bisa bekerja di bidang Pendidikan. Kamu bisa menjadi dosen di kampus atau sekolah pertanian. Selain itu kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti/ilmuwan tanah.

5. Wirausaha

Jika kamu memiliki jiwa bisnis,kamu bisa menggunakan ilmu yang telah kamu pelajari selama kuliah di jurusan ilmu tanah untuk membuka usaha sendiri seperti usaha benih tanamana atau industri pupuk.

6.Lembaga pemerintahan

Lulusan jurusan ilmu tanah juga bisa bekerja sebagai pegawai di Lembaga pemerintahan. Tentu kementerian pertanian membutuhkan jurusan ilmu tanah. Selain kementerian pertanian, lulusan jurusan ilmu tanah juga bisa bekerja di Bapeda,kementerian lingkungan hidup dan kehutanan, dinas tata kota dan masih banyak lagi.

7. Sektor perbankan

Tidak dipungkiri jurusan ilmu tanah punya banyak peluang bekerja di sektor perbankan karena pada kenyataannya mereka bisa menjadi jembatan komunikasi antara petani dengan pihak bank agar komunikasi yang terjalin lebih baik dan mempermudah transaksi.

Jurusan ilmu tanah memiliki peluang bekerja dan berkarir di berbagai bidang. Kamu sudah kenali jurusan ilmu tanah dan prospek kerjanya,saatnya memilih jurusan yang kamu minati. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here