Home Pertanian Ini Beberapa Pakan Alternatif untuk Bebek Petelur

Ini Beberapa Pakan Alternatif untuk Bebek Petelur

Agrozine.id – Pakan Alternatif Untuk Bebek petelur merupakan satu hal yang penting dalam beternak bebek. Pakan dengan nutrisi yang tinggi dapat membantu proses tumbuh kembang bebek. Pakan dengan kualitas yang baik akan mempengaruhi daging dan telur yang dihasilkan bebek.

Berikut ini adalah bahan pakan alternatif bebek yang biasa digunakan oleh peternak:

  1. Nasi kering

Biasanya nasi sisa yang sudah tidak kita makan dibuang begitu saja. Namun, ternyata nasi sisa tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif bebek. Caranya nasi dijemur hingga kering. Janganberikan nasi yang sudah berjamur ya.

  1. Ampas tahu

Limbah padat dari proses pembuatan tahu ini bisa dijadikan bahan pakan alternatif untuk bebek juga. Ampas tahu ini mengandung protein yang tinggi. Penggunaan ampas tahu ini harus dikeringkan terlebih dahulu hingga kadar airnya berkurang dan sesegera mungkin diberikan pada bebek agar tidak berjamur.

  1. Bekicot dan keong mas

Bekicot dan keong mas banyak ditemukan di persawahan. Ketersediananya yang melimpah dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif untuk bebek. Bahan pakan ini dapat diberikan secara langsung pada bebek dengan cara diiris tipis-tipis. Bisa juga dijadikan tepung dengan cara dikeringkan lalu dihaluskan.

  1. Daun singkong atau katu

Daun singkong dan katu sangat mudah diteukan di sekitar kita. Daun ini bisa menjadi bahan pakan alternatif untuk bebek karena mengandung karoteoid dan asam amino yang dapat menghasilkan kuning telur yang pekat dan menurunkan kadar kolesterol. Namun, dalam pemberiannya tidak boleh berlebihan.

  1. Onggok

Onggok merupakan limbah dari pengolahan tepung singkong. Penggunaan onggok ini terbatas karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi.

  1. Indigofera sp

Indigofera sp adalah salah satu jenis legume yang banyak tumbuh di Indonesia. Bahan pakan ini mnegandung protein yang tinggi sehingga berpotensi untuk dijadikan bahan pakan alternatif untuk bebek. Damun, dalam penggunaannya cukup terbatas karena mengandung antinutrien sebesar 9,35%.

  1. Biji kecipir

Biji kecipir memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pakan alternatif untuk bebek. Biji kecipir yang dimanfaatkan adalah yang berwarna putih.

  1. Eceng gondok

Tanaman eceng gondok merupakan gulma yang dianggap merugikan. Namun, ternyata tanaman ini berpotensi untuk dijadikan bahan pakan alternatif untuk bebek lho. Dalam pemanfaatannya eceng gondok ini perlu pengolahan dengan cara difermentasi dan dijadikan tepung agar aman dikonsumsi bebek. Itu lah beberapa Pakan Alternatif Untuk Bebek petelur, semoga bermanfaat. (Ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here