Home Peternakan Jenis Sapi Potong dengan Kualitas Unggulan (Updated)

Jenis Sapi Potong dengan Kualitas Unggulan (Updated)

Merdeka.com

Agrozine.id– Sapi adalah jenis hewan ternak yang selalu memiliki harga pasaran yang tinggi. Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang jenis sapi potong unggulan. Daging sapi merupakan salah satu produk makanan hewani yang memiliki kandunga protein tinggi. Oleh karena itu permintaan akan daging sapi di pasaran selalu tinggi. Karenanya melakoni bisnis pemotongan sapi atau beternak sapi bisa jadi pilihan tepat untuk mendapatkan keuntungan maksimal.

Daging sapi masih menjadi olahan favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Daging kambing yang diolah menjadi makanan biasanya berasal dari sapi potong yang memang sengaja diternakkan untuk diambil dagingnya. Jika ingin memulai usaha ternak sapi atau bisnis pemotongan sapi,kenali dulu 9 jenis sapi potong yang memiliki kualitas daging terbaik seperti dirangkum di bawah ini:

1.Sapi brahma

Sesuai dengan namanya,sapi dengan ciri khas gelambir di bagian dadanya ini berasal dari India. Sapi brahma memiliki kualitas daging yang tidak main-main dan sapi ini juga tahan terhadap endoparasit dan ekoparasit. Sapi potong jenis brahman ini memiliki kualitas daging unggulan dan saat ini banyak diminati dan menjadi produk sapi impor yang fenomena.

2. Sapi Beefalo

Sapi berbobot besar ini merupakan hasil persilangan antara sapi lokal Amerika yaitu Catallo dengan bison.Daging sapi jenis ini juga termasuk unggulan,pasalnya daging sapi ini lebih rendah lemak dan tinggi protein jika dibandingkan dengan jenis sapi lain.Selain itu sapi Beefalo juga memiliki kulit yang tebal sehingga mampu beradaptasi dengan cuaca dingin yang ekstrim.

3.Sapi Limuosin

Jenis sapi ini memiliki habitat di lokasi yang sangat dingin dan merupakan sapi potong impor yang paling banyak dicari di Indonesia. Selain terkenal dengan kualitas dagingnya yang mumpuni,sapi limousine juga memiliki bobot yang super besar. Sapi betina bisa memiliki bobot mencapai 650 kg sedangkan sapi jantan bisa memiliki bobot sampai 1.000 kg.

4.Sapi Angus

Jenis sapi yang satu ini berasal dari Eropa yakni Inggris dan Skotlandia. Selain memiliki kualitas daging yang unggul karena hanya mengandung sedikit lemak dan padat serat sapi Angus juga memiliki keunikan lain yaitu tidak memiliki punuk dan tanduk.Dinamakan Angus karena sapi ini memiliki warna hitam yang mirip seperti gosong. Karena kualitas dagingnya,sapi Angus kerap kali dijadikan indukan dari kawin silang.

5.Sapi Brangus

Sapi Brangus merupakan hasi persilangan antara sapi Angus dengan sapi Brahma sehingga menjadikannya memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit.Sapi Brangus jantan bisa memiliki bobot tubuh mencapai 816-997 kg/ekor sedangkan sapi betina memiliki bobot rata-rata 554 kg.

6.Sapi Hereford

Sapi dengan ciri khas muka berwarna putih ini berasal dari Inggris. Sapi Hereford tergolong dalam jenis sapi dengan ukuran sedang,namun memiliki keunggulan lain yaitu mudah beradaptasi dan memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

7.Sapi Madura

Selain impor,ternyata ada juga sapi potong lokal yang memiliki kualitas unggulan. Sapi Madura ini contohnya. Jenis sapi ini adalah hasil persilangan antara sapi Bali dan sapi Zebu. Sapi Madura ini memiliki ukuran badan yang kecil namun kualitas dagingnya tidak perlu diragukan lagi.Selain untuk diambi dagingnya,sapi Madura juga biasa digunakan oleh petani untuk membajak sawah.

8.Sapi Bali

Satu lagi sapi lokal yang memiliki kualitas mumpuni adalah sapi Bali. Sapi ini memiliki ciri khas kaki berwarna putih dan awalnya berasal dari habitat liar sehingga tidak mengherankan jika sapi ini memiliki tenaga yang cukup kuat. Tentunya kualitas daging yang tidak kalah mumpuni juga dimiliki oleh sapi ini.

9.Sapi Braford

Jenis sapi ini dihasilkan dari perkawinan silang antara dua jenis indukan dengan tujuan menghasilkan kualitas baru yang mumpuni. Sapi ini adalah hasil persilangan antara sapi brahma dengan sapi Hereford yang membuat sapi Braford tahan terhadap kondisi cuaca yang panas.

Itulah dia 9 jenis sapi potong yang memiliki kualitas unggulan baik jenis impor maupun lokal yang bisa dijadikan referensi untuk memilih daging sapi berkualitas baik maupun untuk hewan peliharaan.(Ira)

agrozine, platform media pertanian

YouTube channel Agrozine, klik juga

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here