Home Pertanian Ini Dia Cara Perbanyakan Tanaman Aglaonema

Ini Dia Cara Perbanyakan Tanaman Aglaonema

Tanaman Aglaonema
Aglaonema modestum or Red aglaonema or Chinese evergreen plant.

Agrozine.id – Budidaya tanaman hias Aglaonema kini menjadi tren yang sedang populer. Keindahan warna dan keunikan corak daun menjadikan tanaman Aglaonema bagaikan primadona di kalangan pecinta tanaman hias. Tanaman Aglaonema ini termasuk tanaman yang mudah berkembang biak. Jika kamu memiliki tanaman hias Aglaonema dan ingin memperbanyaknya, hal itu tidak mustahil karena cara perbanyakan tanaman Aglaonema ini cukup mudah untuk dilakukan.

Perbanyakan Aglaonema dapat dilakuakan dengan dua cara yaitu secara  generatif dan vegetatif. Perbanyakan secara generatif dapat melalui biji. Sedangkan, perbanyakan secara vegetatif dapat melalui stek, pemisahan anakan, dan kultur jaringan.

Pada artikel kali ini, kami akan menguraikan cara perbanyakan tanaman Aglaonema secara lengkap. Simak baik-baik ya.

Cara Membuat Media Tanam Aglaonema | KampusTani.Com

Perbanyakan Secara Generatif

Aglaonema mulai berbunga setelah dewasa. Bunga tersebut berbentuk spadiks dengan bunga berwarna putih. Bunga tersebut akan berkembang menjadi buah bila telah terjadi penyerbukan dan pembuahan. Penyerbukan pada Aglaonema tidak bisa terjadi secara alami, karena bunga jantan dan betina jadi satu dan terbungkus oleh seludang.

Kulit buah Aglonema yang sudah tua akan berwarna merah dan bijinya akan berwarna kecoklatan. Biji yang telah tua dapat disemai di media yang steril. Media yang digunakan berupa campuran sekam bakar, coco peat, dan pasir. Aglonema akan mulai tumbuh sekitar 4-6 bulan kemudian. Bila tanaman Aglaonema sudah memiliki 3-5 daun, tanaman muda tersebut dapat dipindahkan ke dalam pot tunggal.

Perbanyakan Secara Vegetatif

  • Stek batang

Perbanyakan tanaman Aglaonema dapat diperbanyak melalui stek batang. Batang aglaonema dipotong dengan menyertakan 2-3 mata tunas. Batang tersebut dapat berupa batang tanpa akar dan tanpa daun, batang tanpa akar dengan daun, batang dengan akar dan tanpa daun, atau batang dengan akar dan daun bagian bawah.

Selanjutnya, potong batang tersebut menggunkan pisau yang tajam dan steril. Lalu, pada bagian bawah batang celupkan dengan zat perangsang akar dan fungisida. Lalu, stek batang ditanam di media steril yang telah disediakan. Media yang digunakan dapat berupa sekam bakar atau pasir.

  • Pemisahan rumpun

Perbanyakan tanaman Aglaonema sangat baik dilakukan dengan pemisahan anakan. Tanaman Aglaonema akan menghasilkan anakan yang tumbuh cepat di samping tanaman induk dan membentuk rumpun. Anakan yang dapat dipisahkan minimal mempunyai tiga daun.

Pemisahan anakan dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan tanaman dari pot. Kemudian potong batang yang menghubungkan induk dan anakan tanaman menggunakan pisau tajam. Setelah itu, tanaman anakan tersebut pada pot baru yang telah disiapkan.

  • Kultur jaringan

Perbanyakan tanaman Aglaonema dengan cara ini bisa menghasilkan jumlah anakan yang banyak dan seragam. Namun, cara ini terbilang tidak efektif, karena biayanya relatif mahal dan pertumbuhan tanaman lebih lama.

Demikianlah cara-cara melakukan perbanyakan pada tanaman Aglaonema yang bisa kamu praktekkan langsung. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk kamu ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here