Home Pertanian Ini Dia Kisah Di Balik Wisata Viral Svargabumi Borobudur

Ini Dia Kisah Di Balik Wisata Viral Svargabumi Borobudur

Wisata Svargabumi Borobudur

Agrozine.id – Wisata Svargabumi Borobudur  kini tengah ramai diperbincangkan. Selain wisata alternatif setelah Candi Borobudur, kemudian wisata sawah swafoto yang indah, ternyata di balik itu terdapat kisah menarik. Pasalnya, dibangunnya wisata Svargabumi Borobudur yaitu untuk pelestarian alam dan kesejahteraan petani.

Putranto Budi Cahyono, salah satu founder dari wisata Svargabumi mengungkapkan bahwa terdapat tiga hal yang menjadi pokok perhatian yaitu pertama terkait ketahanan pangan. Dimana lahan sawah yang dijadikan sebagai tempat wisata Svargabumi merupakan sawah tadah hujan yang produktivitasnya rendah, yakni setahun hanya bisa panen dua kali.

“Jadi kita tetap melestarikan sawahnya dimana sawah itu adalah sawah tadah hujan. Kemudian, kita rubah menjadi sawah yang produktif. Jadi yang panennya setahun hanya dua kali, kita usahakan bisa menjadi empat kali,” ujarnya.

Wisata Svargabumi Borobudur

Kemudian, yang kedua yaitu untuk pemberdayaan masyarakat. dimana pihak pengelola wisata Svargabumi menyewa lahan persawahan selama 10 tahun. Para petani penggarap maupun pemilik tetap diberikan kesempatan untuk mengolah lahan pertanian. Selain itu, Svargabumi juga memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, dan juga terkait pengairan.

“Tujuan kita adalah kita bersama-sama agar kita bersama warga itu mempunyai rasa saling memiliki wisata sawah ini, jadi kita bisa rawat bersama-sama. Dimana, kita bersama-sama panen kita kembalikan ke para petani, dari bibit dan pengairan maupun pupuk kita bantu,” jelasnya.

Lalu, yang terakhir adalah ekonomi kreatif. Dimana, orang pergi ke sawah bukan untuk bercocok tanam, melainkan untuk berwisata. Hal ini dengan adanya wisata sawah swafoto merupakan salah satu inovasi baru yang dapat dikembangkan di daerah-daerah lain.

Svargabumi itu sendiri tepatnya berada di Dusun Gopalan, Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.  Di lahan seluas 3 hektare, para pengunjung Svargabumi dimanjakan dengan 22 spot foto yang menarik.

Putranto Budi Cahyono mengatakan jika prospek wisata yang bertemakan alam seperti Svargabumi ini kedepannya sangat bagus. Meski sekarang atraksi-atraksi yang ditawarkan di Svargabumi hanya berupa atraksi spot foto. Namun, kedepannya akan lebih dikembangkan lagi untuk atraksi tradisional seperti atraksi kesenian dan lain-lainnya.

Saat ini, yang menjadi fokus pengelola wisata Svargabumi ialah terkait pengelolaan sawahnya. Karena yang menjadi masalah sekarang adalah ketersediaan air. ” Kita sedang perbaiki masalah pengairannya karena memang disini itu permasalahannya adalah air. Jadi tantangan kita itu bagaimana kita bisa menjadikan lahan ini pengairannya bisa terus menerus sepanjang tahun,” ungkap Putranto.

Meskipun Wisata Svargabumi baru launching bulan Agustus 2020 lalu dan dalam kondisi pandemi Covid-19. Pihak pengelola tetap menerapkan protokol kesehatan yang sesuai. Pengunjung diwajibkan untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Nah, demikianlah informasi mengenai wisata Svargabumi. Tertarik untuk berkunjung? (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here