Home Hortikultura Ini Loh Durian Berbiji Kempis Alias Tipis Asal Bogor

Ini Loh Durian Berbiji Kempis Alias Tipis Asal Bogor

durian-megarasa-rancamaya-bogor.business.site

Agrozine.id – Paling enak itu ya menikmati buah durian, tapi yang bijinya keciiil. Ada nggak sih? Ya ada dong, Indonesia gitu loh… Beberapa durian asal Nusantara memang memiliki biji yang kecil. Nggak percaya? Ini buktinya, salah satunya “Durian Kempis” asli Bogor, tepatnya di daerah Rancamaya di Kota Bogor. Rancamaya terkenal sebagai penghasil buah durian yang terkenal enak. Wilayah ini bahkan telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota Bogor sebagai Kampung Durian. Bagi kamu pencinta durian wajib jalan-jalan ke sana ya…

Durian kempis di Rancamaya telah ada sejak 25 tahun silam, namun belum terkenal akibat gencarnya durian impor seperti monthong. Setelah menyabet gelar juara 1 kontes durian Rancamaya, nama si kempis pun mulai dikenal para pencinta durian karena rasa dan ketebalan daging buahnya tidak kalah hebat dari durian impor.

Durian ini diberi nama kempis karena bijinya yang pipih seperti kempis. Tipisnya seperti dua uang koin Rp 500 yang ditumpuk. Jangan salah, meskipun bijinya pipih, tapi dagingnya tebal, mantap to?

Untuk membedakan durian kempis dari luar, kamu dapat melihat bentuknya, yakni seperti buah pir besar yang berduri. Ciri khasnya ada pada bagian atas buah, dekat batang, yakni seperti menciut atau kempis. Selain itu, duri-durinya tidak lebar dan besar, tetapi lancip-lancip. Saat durian ini dibuka, daging buahnya yang berwarna kuning cerah akan terlihat, mirip mentega. Kulitnya tidak tebal, Ketebalannya kurang dari satu sentimeter. Ketebalan kulit ini dipengaruhi juga oleh masa panen. Pada akhir waktu panen, seperti April, kulitnya biasanya relatif lebih tebal.

durian-megarasa-rancamaya-bogor.business.site

Kamu bisa mendapatkan durian ini di Saung Duren Megarasa Rancamaya atau di kebun Haji Yusup di Kampung Rancamaya, Desa Rancamaya, Bogor Selatan. Namun, sayangnya tidak selalu ada karena ketersediaannya bergantung pada masa panen. Dalam satu tahun, panen durian ini dapat terjadi dua hingga tiga kali. Panen pertama pada bulan Desember hingga Februari, bisa menghasilkan 150 buah dalam satu pohon. Panen kedua pada bulan April, hanya menghasilkan sekitar 50 buah tiap pohonnya.

Keunggulan durian kempis ini terdapat pada bijinya yang kecil, warna daging berkelir kuning pekat, bertekstur kering, dan bercita rasa manis.  Durian kempis ini paling besar berbobot 3 kilogram. Bentuk fisik pohon durian ini relatif lebih kecil jika dibandingkan dengan durian jenis lain.

Bagaimana, tertarik untuk mencicipi Durian Kempis? Bagi kamu penikmat durian di mana saja, durian jawara ini tentu menggoda, bakalan  menyesal kalau tidak mencoba. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here