Home Pertanian Inilah 5 Teknologi Pertanian Andalan Indonesia

Inilah 5 Teknologi Pertanian Andalan Indonesia

Agrozine – Seiring perkembangan zaman, teknologi pertanian pun kian canggih. Penerapan teknologi ini tentu memberikan dampak positif bagi petani. Proses penanaman, perawatan, hingga panen menjadi lebih efektif sehingga hasil produksi petani mengalami peningkatan. Kemudahan proses bertani ini harus didukung untuk menyongsong pertanian modern masa depan. Inilah 5 teknologi pertanian andalan Indonesia!

 

  1. Transplanter

Teknologi pertanian andalan Indonesia ini merupakan rekomendasi dari Litbang (Penelitian dan Pengembangan) Kementerian Pertanian. Transplanter dapat memberikan jarak yang pas antar padi untuk ditanam dengan sistem penanaman jajar legowo dari Jawa Timur. Penggunaan teknologi ini dipercaya dapat meningkatkan produksi padi petani hingga 30 persen. Selain itu, jarak yang tepat antar padi akan memudahkan proses perawatan. Transplanter dirancang dengan bobot seringan mungkin dan tidak akan tenggelam di lumpur sawah karena dilengkapi dengan pengapung.

 

  1. Indo Combine Harvester

Teknologi pertanian satu ini akan semakin baik performanya bila digunakan pada lahan yang basah. Indo combine harvester dapat memudahkan petani saat panen mulai dari proses pemotongan, pengangkutan, perontokan, pembersihan, sortasi, hingga pengantongan padi. Dengan alat ini, petani tidak memerlukan banyak orang untuk memanen padi. Indo combine harvester memiliki kapasitas kerja empat hingga enam jam per hektar dengan bantuan tiga orang. Alat ini memiliki gaya tekan ke permukaan tanah sebesar 0,13 kg/cm2 sehingga tidak mudah terperosok dalam tanah. Indo combine harvester bahkan dapat menghasilkan gabah dengan tingkat kebersihan 99.5 persen.

 

  1. Mesin Pemilah Bibit Unggul

Alat ini telah banyak digunakan oleh perusahaan penyedia bibit. Untuk menghasilkan tanaman berkualitas baik, tentu petani harus menggunakan bibit unggul. Mesin pemilah bibit unggul dapat menentukan bibit mana yang akan menghasilkan tumbuhan terbaik. Misalnya pada pemilihan bibit jagung hibrida yang merupakan bibit jagung kualitas terbaik. Tanaman jagung yang dihasilkan memiliki tonggol yang unggul dan jumlah biji jagung semakin banyak. Dengan adanya mesin pemilah bibit unggul, petani dapat melakukan seleksi benih untuk komoditas yang ingin ditanam.

 

  1. Alat Pengering Kedelai

Teknologi pertanian andalan Indonesia lainnya yakni alat pengering kedelai. Alat ini memungkinkan petani untuk mencegah penurunan kualitas kedelai akibat proses pengeringan yang terlambat. Alat pengering kedelai dapat mempersingkat proses pengeringan komoditas kedelai yang biasanya berlangsung selama delapan hari, menjadi satu hari saja. Selain itu, mesin ini juga dapat meningkatkan daya tumbuh benih kedelai hingga 90.3 persen.

 

  1. Instalasi Pengolah Limbah

Instalasi pengolah limbah memungkinkan petani untuk mengelola limbah ternak dari hasil budidaya ternak. Limbah ternak dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik sehingga tidak mencemari lingkungan sekitar. Instalasi pengolah limbah dapat mengubah limbah yang semula dibuang begitu saja menjadi pupuk organik dan biogas.

 

Nah, itulah 5 teknologi pertanian andalan yang diterapkan di Indonesia. Teknologi pertanian ini dirancang dan dikembangkan untuk meningkatkan efisiensi kinerja para petani. Penggunaan teknologi pertanian juga merupakan penerapan pertanian modern yang dapat memajukan petani Indonesia. (rin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here