Home Populer Inilah Dia Jenis Hama yang Menyerang Syngonium, Bagaimana Cara Menanganinya?

Inilah Dia Jenis Hama yang Menyerang Syngonium, Bagaimana Cara Menanganinya?

hama yang menyerang Syngonium

Agrozine.id – Atusiasme masyarakat terhadap tanaman hias belum surut. Atusias tersebut tidak hanya dalam masalah memilih tanaman hias, tetapi juga terhadap cara pemeliaraan dan perawatan tanaman tersebut. Salah satu tanamam yang digemarai oleh pecinta tanaman hias yaitu tanaman Syngonium. Nah, pada artikel kali ini kita akan mengetahui jenis hama yang menyerang Syngonium. Ada apa saja?

Tanaman syngonium di beberapa daerah termasuk tanaman liar, namun tanaman ini juga bisa dijadikan tanaman hias yang bisa ditanam di pot terpisah atau dicampur dengan tanaman lain. Sama halnya tanaman hias lainnya, syngonium juga bisa terserang hama dan penyakit. Hama dan penyakit tersebut dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan tanaman bahkan bisa menyebabkan tanaman mati.

Nah berikut, jenis hama yang menyerang Sygonium dan cara penanganannya yang telah dirangkum redaksi Agrozine.id:

  1. Tungau Laba-Laba

Jenis hama ini biasanya menyerang tanaman sygonium yang tubuh di dalam ruangan. Hal tersebut disebabkan karena kadar kelembabannya yang rendah. Hama ini akan menyerap cairan yang ada dalam tanaman hingga lemah bahkan sampai mati. Lebih parahnya lagi, tungau laba-laba bisa menginfeksi tanaman indoor lainnya dengan cara berjalan ke tanaman yang satu ke tanaman yang lain.

Baca juga: Ini Perbedaan Syngonium Variegata Putih Dan Variegata Kuning

Maka dari itu, menangani hama tungau laba-laba harus dilakukan secara cepat guna mencegah kerusakan pada tanaman. Tungau Laba-Laba bisa ditangani dengan menyemprotkan air ke tanaman beberapa kali dalam seminggu. Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan kelembaban pada tanaman hias. Atau bisa dengan menyemprotkan sabun insektisida untuk membunuhnnya.

  1. Kutu Putih

Sama halnya dengan hama tungau laba-laba, hama kutu putih ini juga menyerang tanaman hias yang berada di dalam ruangan yang memiliki kelembaban yang rendah. kutu putih akan menyedot getah pada sygonium. Hama ini akan berkumpul di daerah batang dan daun, terutama pada tanaman yang sedang berkembang. Kutu putih bisa menyebabkan sygonium menjadi kerdil dan berdaun kuning.

Jika tidak dibasmi, hama ini bisa menyebabkan masalah yang lebih besar. Kutu putih bisa dibasmi dengan cara meningkatkan kelembabkan dengan menyemprotkan air beberapa kali dalam seminggu, atau bisa dengan menyemprotkan cairan insektisida ke bagian yang terkena kutu putij

  1. Kutu daun dan kutu sisik

Kutu daun biasanya memiliki ukuan sekitar seperdelapan inci, dan biasanya menyerang pada bagian bawah daun. daun yang telah diserang oleh kutu daun menyebabkan ukuran daun yang kecil dan warna daun yang berubah. Sedangkan kutu sisik biasanya menyebabkan daun memiliki benjolan bersisik putih, abu-abu. Kutu sisik jika sudah menginfeksi daun akan menyebabkan daun menjadi kuning dan rontok.

Masalah tanaman yang disebebkan kutu sisik dan kutu daun bisa kamu tangani dengan menggunakan minyak hortikultura atau sabun insektisida.

Baca juga: Ini Cara Memperbanyak Syngonium

Itulah dia beberapa jenis hama yang menyerang Syngonium. Setelah mengetahui gejala-gejalanya beserta cara penanganannya, sekarang kamu tidak perlu takut lagi ya. Semoga tanaman Syngonium kamu Kembali sehat ya. (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here