Home Kehutanan Inilah Pusat Persemaian Mentawir, Penyuplai Bibit untuk Menghijaukan “Nusantara”

Inilah Pusat Persemaian Mentawir, Penyuplai Bibit untuk Menghijaukan “Nusantara”

Sumber foto: setkab.go.id

Agrozine – Mungkin kamu masih asing dengan nama persemaian ini. Persemaian Mentawir adalah persemaian yang dipersiapkan untuk menghijaukan Ibu Kota baru Indonesia nanti, “Nusantara”, plus sekitarnya. Persemaian ini beralamat di Mentawir, Kec. Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Persemaian ini bisa memproduksi 15 juta bibit per tahun yang siap untuk mempercantik ibu kota baru tersebut. Persemaian Mentawir merupakan pusat pembibitan besar di Indonesia selain Persemaian Rumpin di Jawa Barat.

Di Persemaian Mentawir, terdapat bibit-bibit tanaman estetika seperti tanjung, flamboyan, tabebuya, dan pucuk merah. Di persemaian ini juga ada tanaman fast growing species, seperti sengon, albizia, dan salam. Terdapat pula tanaman endemik, seperti kapur, ulin, shorea, meranti, belangeran, kapur, dan kamper. Kemudian terdapat juga tanaman hasil hutan bukan kayu seperti aren, cempedak, duren, jengkol, petai, mangga, manggis, alpukat, sirsak dan lain-lain.

Persemaian Mentawir sudah siap dan sudah lengkap, tinggal diatur manajemen penanamannya. Pengaturannya nanti akan dilakukan oleh Menteri Kehutanan, Dirjen, dan Otoritas IKN, yang itu akan mempercantik ibu kota dan mengembalikan hutan-hutan yang ada di sekitar Nusantara menjadi tropical rainforest lagi, bukan hutan homogen.

Persemaian Mentawir dibangun atas kerjasama dan kolaborasi beberapa pihak, yaitu KLHK,PUPR, PLN, Telkom dan perusahaan ITM, Indominco group. Pembangunan persemaian ini bertujuan untuk memperbaiki lingkungan, merehabilitasi hutan, baik hutan alam, hutan yang rusak, tropical rainforest yang rusak, dan hutan mangrove yang perlu direhabilitasi.

Dibangun cukup lama sejak bulan Juli tahun lalu karena medan yang cukup berat dalam hal cut and fill, sekarang sudah jadi dengan bangunan Mother Plant House Area sebanyak 3 blok, Production House dan Pumping House, Germination House Area 6 blok yang masing-masing blok terdapat 3 bay. Ada sistem penyiraman di dalamnya, ada Aclimatization House Area sebanyak 6 blok yang masing-masing 3 bay, dan ada Open Growth Area sebanyak 18 blok. Sarana dan prasarana juga sudah memadai, seperti jalan lingkungan sudah dibangun, embung, serta solar panel untuk tenaga listrik.

Presiden Joko Widodo, didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya, mengunjungi Persemaian Mentawir, pada awal November ini. Pada kunjungannya kali ini, Presiden Jokowi mengajak sejumlah pimpinan dunia usaha berkeliling menyusuri areal persemaian, dan menjelaskan sejumlah hal terkait persemaian dan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa Pemerintah tengah berupaya membangun kawasan IKN sebagai forest city dan Kalimantan yang hijau secara luas. Upaya tersebut dimulai dengan membangun persemaian yang mampu menyediakan bibit pohon dalam jumlah besar.

Berbagai jenis bibit tanaman yang ada di Persemaian Mentawir juga akan didistribusikan ke seluruh wilayah Kalimantan sebagai bagian dari upaya pemulihan lingkungan melalui reboisasi. Dengan dukungan suplai bibit tanaman dari Persemaian ini, IKN nantinya akan menjadi ibu kota baru yang lebih hijau, begitu juga dengan Kalimantan secara luas.

Demikianlah informasi tentang Persemaian Mentawir. Semoga bermanfaat, terus semangat belajar, selamat  berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here