Home Biodiversitas Inilah Ragam Manfaat Rotan

Inilah Ragam Manfaat Rotan

livejuniper.com

Agrozine – Rotan merupakan komoditas hasil hutan andalan Indonesia, salah satu Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Di Indonesia, rotan menempati posisi kedua setelah kayu sebagai komoditas hasil hutan. Rotan merupakan komoditas hasil hutan yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Oleh karena itu, pada artikel ini, Agrozine akan mengungkapkan berbagai manfaat rotan dalam kehidupan. Langsung disimak saja ya Sobat Agro.

Sekitar 85% kebutuhan bahan baku rotan dunia berasal dari Indonesia. Komoditas rotan ini dihasilkan oleh daerah-daerah di Sumatra, Jawa, Borneo, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Indonesia memasok 70% kebutuhan rotan dunia. Sisa pasar diisi dari Malaysia, Filipina, Sri Lanka, dan Bangladesh.

Rotan selain memiliki nilai ekonomi, juga menjadi indikator kesehatan ekologi hutan. Bagi sebagian suku di Indonesia, secara sosio-kultural rotan telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Contohnya, masyarakat suku Dayak yang telah ratusan tahun membudidayakan rotan secara tradisional dan turun temurun. Para wanita dari suku Wemali dari Pulau Seram, Maluku, memanfaatkannya untuk ikat pinggang.

Batang muda rotan yang masih berwarna hijau dapat diolah menjadi sayuran oleh masyarakat Suku Dayak di kalimantan Tengah. Pucuk muda rotan juga kerap dimanfaatkan sebagai sayuran atau lalapan oleh masyarakat Suku Mandailing di Sumatera Utara. Rotan muda juga menjadi makanan favorit bagi badak.

Cadangan air dalam batang rotan dapat dimanfaatkan sebagai sumber air minum ketika berada di tengah hutan untuk bertahan hidup. Tumbuhan ini juga menjadi naungan dan habitat bagi serangga, seperti semut hutan yang hidup di sekitar rotan dan terlindungi oleh daun dan durinya.

Rotan juga menghasilkan potensi obat-obatan herbal tradisional yang diperoleh dari batang muda, buah dan akarnya, seperti yang diambil dari jenis Calamus Hookerianus, Calamus metzianus, dan Calamus thwaitesii.

Batang rotan juga dapat dibuat sebagai tongkat penyangga berjalan dan senjata. Berbagai perguruan pencak silat mengajarkan cara bertarung menggunakan tongkat rotan.

Pada bagian tangkai bunga rotan menghasilkan getah yang disebut dengan “darah naga”. Getah ini bisa dimanfaatkan untuk bahan baku pewarna industri keramik, farmasi, serta pewarna kayu.

Rotan dimanfaatkan sebagai bahan baku mebel, misalnya kursi, meja tamu, serta rak buku. Rotan memiliki beberapa keunggulan dibanding kayu, seperti ringan, kuat, elastis/mudah dibentuk, dan lebih murah.

Ragam manfaat yang dihasilkan dari rotan pada akhirnya  bermanfaat pula dalam penyerapan tenaga kerja dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar hutan melalui sektor industri rotan.

Demikianlah ragam manfaat dari rotan. Semoga artikel ini bermanfaat dan memotivasi kamu untuk ikut serta melestarikan tumbuhan rotan. (das)

(das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here