Home Pet Inilah Spesies Kuda Perang, Kuat dan Trengginas! (1)

Inilah Spesies Kuda Perang, Kuat dan Trengginas! (1)

Kuda Andalusia (Sumber foto: andalusitano.com)

Agrozine Kuda merupakan hewan yang sejak dahulu digunakan oleh manusia sebagai alat transportasi atau kendaraan, salah satunya sebagai kendaraan saat perang alias kuda perang. Namun, tidak semua spesies kuda dapat diandalkan untuk dibawa ke medan perang. Dibutuhkan kuda yang memiliki stamina kuat, fisik yang cukup besar, dan gerakan yang gesit atau trengginas agar bisa menerjang dan mengalahkan musuh.

Kali ini Agrozine akan mengenalkan pada kamu beberapa spesies kuda perang. Inilah lima spesies kuda terbaik yang telah terbukti tangguh di medan perang.

Kuda Andalusia

Kuda Andalusia (Sumber foto: dressagetoday.com)

Awalnya, ras kuda perang ini disebut Kuda Iberia. Sekarang dikenal sebagai Kuda Andalusia di Amerika dan Kuda Spanyol Murni (Pura Raza Espanola) di sebagian besar dunia. Kuda Andalusia awal berkembang di pedesaan Spanyol yang terjal dan menjadi kuda yang tangguh, mampu bertahan dalam kesulitan.

Kuda ini akhirnya menjadi terkenal di seluruh Eropa karena kemampuannya yang unggul di medan perang dan menjadi tunggangan pilihan orang Yunani dan Romawi, serta oleh orang Kartago dalam Perang Punisia. Pada Abad Pertengahan, kuda Spanyol di medan perang digantikan oleh kuda yang lebih besar dan berdarah panas.

William Cavendish (Perdana Menteri Britania Raya) memberikan mereka julukan the princes of the horse world atau pangeran kuda dunia pada tahun 1667. Keunggulan dari andalusian terletak pada tubuhnya yang kuat sehingga mampu membawa beban yang berat. Selain itu, andalusian memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan spesies kuda lainnya.

Kuda Andalusia memiliki tinggi rata-rata 154 sentimeter. Warnanya Terutama abu-abu dan cokelat kemerahan, kadang-kadang terlihat dalam warna cokelat, hitam, kastanye, kulit rusa, dan perlino.

Kepala kuda Andalusia ini memiliki profil sub-cembung. Lehernya proporsional dengan tinggi dan panjang tubuh. Punggungnya hampir rata. Pinggangnya pendek, lebar, berotot dan agak melengkung. Surai dan ekornya lebat dan halus.

Kuda Friesian

Kuda Friesian (Sumber foto: prohorse.com.au)

Kuda perang ini berasal dari provinsi Friesiand di Belanda. Dulunya friesian sering ditunggangi oleh para komandan perang abad ke-11. Sekarang, friesian digunakan untuk berbagai kompetisi olahraga berkuda.

Friesian dikenal akan bentuk tubuhnya yang berotot serta memiliki warna bulu hitam pekat sehingga penampilannya terlihat kokoh dan solid. Kepalanya “tipe Spanyol” dan bertelinga pendek. Trah ini mempunyai struktur tulang yang baik. Friesian memiliki leher yang panjang dan melengkung. Kakinya panjang dan kukunya kokoh.

Kuda perang jenis ini memiliki bahu yang kuat dan miring serta tubuh yang kompak dan berotot. Tubuh mereka relatif pendek dan kuat. Bagian belakangnya kuat dan miring dengan ekor yang rendah. Kuda friesian memiliki surai dan ekor yang panjang dan tebal, seringkali bergelombang, dan rambut panjang dan halus di kaki bagian bawah.

Kuda friesian tingginya antara 142 hingga 172 cm sampai bahu. Namun, kuda ini rata-rata tingginya sekitar 152 cm. Kuda-kuda ini umumnya memiliki berat sekitar 590 kg. Daya tarik lainnya dari friesian adalah pergerakannya yang lincah, aktif, dan energik. Kuda ini sangat patuh kepada majikannya.

Karena warna dan penampilannya yang mencolok, kuda friesian populer di film dan televisi, khususnya dalam drama sejarah dan fantasi. Kuda ini tenang dalam menghadapi aktivitas yang berhubungan dengan pembuatan film dan juga anggun di depan kamera.

Artikel Selanjutnya: Inilah Spesies Kuda Perang, Kuat dan Trengginas! (2)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here