Home Populer Inilah Tanaman Yang Diprediksi Dapat Tumbuh di Mars

Inilah Tanaman Yang Diprediksi Dapat Tumbuh di Mars

tanaman yang diprediksi dapat tumbuh di Mars

Agrozine.id – Beberapa waktu lalu, sejumlah ahli melalukan penelitian terkait kondisi tanah di Mars yang berpotensi dapat menumbuhkan tanaman. Lalu, apa saja tanaman yang diprediksi dapat tumbuh di Mars?

Perlu diingat, para ahli meyakini bahwa Mars adalah planet yang paling layak huni di tata surya, selain Bumi. Ilmuwan telah mempelajari Mars sejak awal 1960-an melalui pesawat ruang angkasa yang dikirim ke Planet Merah tersebut. Menurut informasi yang didapatkan, ada beberapa tempat di Mars yang terlihat seperti Bumi meski lingkungan tersebut keras untuk kehidupan.

Atmosfer di Mars memiliki sekitar 95% karbondioksida, yang tidak memungkinkan manusia untuk bernapas. Mars juga jauh lebih dingin dari Bumi dengan suhu rata-rata sekitar -62 ºC.

Baca juga: Simak 5 Struktur Bagian Bumi yang Menopang Kehidupan di Dalamnya

NASA dan perusahaan-perusahaan swasta seperti SpaceX maupun Blue Origin, telah mencanangkan dalam dekade mendatang, sudah ada manusia yang mendarat di Mars. Namun, membawa makanan dari Bumi menambah beban pesawat ruang angkasa. Calon penduduk Mars perlu menanam di lokasi untuk bertahan hidup.

Sejumlah mahasiswa di Universitas Villanova [Pennsylvania, AS] melakukan penelitian tentang kondisi tanah di Mars dan potensi menumbuhkan tanaman. Mereka memperoleh simulasi tanah Mars, terbuat dari basal vulkanik yang mirip dengan yang ada di Mars, dan mencampurkannya dengan senyawa lain untuk membuatnya sekitar 90% mirip dengan regolit [tanah di permukaan] Mars.

Mereka membuat percontohan tanaman pangan di rumah kaca kampus seperti selada, bawang putih, kangkung, dan lainnya. Dalam percontohan tersebut, tanaman pangan eksperimental tumbuh baik, seperti selada dan kangkung dengan menambahkan bubuk kopi ke simulant Mars yang seperti tanah liat.

Sejalan dengan itu, ada penelitian yang sama dilakukan oleh ilmuwan di Wageningen University dan Research Center di Belanda. Para peneliti menanam 10 tanaman yakni tomat, gandum hitam, lobak, kacang polong, daun bawang, bayam, roket taman, selada, quinoa, dan daun bawang di tanah yang dibuat sama dengan tanah Mars.

Meskipun hasil tanamannya lebih sedikit daripada di Bumi, para peneliti menyimpulkan calon penghuni Mars dapat menghasilkan makanan dari tanaman yang diprediksi dapat tumbuh di Mars tersebut.

“Produksi biomassa di tanah simulant Mars lebih rendah ketimbang Bumi, tetapi itu adalah perbedaan kecil. Tanaman-tanaman di salah satu baki menunjukkan pertumbuhan lebih sedikit,” kata ketua peneliti Wieger Wamelink, dikutip dari Science Alert.

Baca juga: Kehidupan Terdalam di Bawah Permukaan Bumi, Mungkinkah?

Meski begitu, perlu di ingat bahwa kedua penelitian tersebut dilakukan di Bumi. Studi tersebut juga hanya meniru tanah di Mars, bukan kondisi yang sesungguhnya. Selain itu, tanaman hasil uji coba juga belum diteliti lebih lanjut apakah aman dikonsumsi atau tidak. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here