Home Kampus Hadirkan Inovasi Hidroponik untuk Masyarakat Pesisir, Mahasiswa Unhas Raih Medali Perak di...

Hadirkan Inovasi Hidroponik untuk Masyarakat Pesisir, Mahasiswa Unhas Raih Medali Perak di I2Aspo

Agrozine.id – Mahasiswa Unhas kembali raih prestasi di penghujung tahun 2020. Kali ini datang dari mahasiswa Delegasi Universitas Hasanuddin yang tergabung dalam forum studi ilmiah fakultas Peternakan Unhas yang berhasil meraih medali perak dalam ajang Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO). Medali tersebut diraih sebagai hadiah dari inovasi hidroponik untuk masyarakat pesisir yang dihadirkan oleh mahasiswa dari fakultas Peternakan tersebut.

Indonesia International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO) adalah kompetensi tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Association yang mengundang generasi muda dari berbagai negara untuk hadirkan ide-ide kreatif dan solutif juga bermanfaat bagi banyak orang.

Baca Juga : Sorgum Hidroponik sebagai Hijauan Alternatif Pakan Ternak

Tahun ini I2ASPO mengusung tema yang berkaitan dengan Covid-19, waste treatment, disability aids, renewable energy, enterpreneur, innovative social science, applied physics and engineering, environmental science, IT and robotics and applied life science yang diikuti oleh 240 tim yang berasal dari 20 negara.

Munawwara Ildana selaku penggagas ide mengatakan timnya mengusung tema penelitian pengembangan masyarakat pesisir melalui pengaplikasian hydroponic verticulture technology antimalnutrition di pulau Tanakeke, Sulawesi Selatan.

Inovasi tersebut menghadirkan solusi hidroponik dengan metode nutrient film technique yang bertujuan agar masyarakat pesisir yang jarang mengkonsumsi sayur karena kondisi lingkungan yang kurang mendukung dapat terbantu. Inovasi yang dihadirkan oleh Munawwara dan timnya tersebut menawarkan solusi yang murah, mudah didapat dan bermanfaat guna meningkatkan konsumsi sayuran untuk masyarakat pesisir. Hal tersebut juga dapat membantu masyarakat terhindar dari malnutrisi.

Baca Juga : PPM Universitas Jambi Laksanakan Pelatihan Hidroponik Ventrikultur

“Kami mengikuti kegiatan I2ASPO ini sebagai langkah untuk tetap produktif selama pandemi. Kami coba adu ide dengan 240 tim dari 20 negara. Disamping itu urgensi permasalahan yang terjadi di masyarakat pesisir khususnya di pulau Tanakeke menjadi salah satu perhatian kami”, ujar Munawwara.

Mereka mengharapkan ide hidroponik untuk masyarakat pesisir tersebut segera dapat terealisasikan sebagai salah satu solusi untuk atasi malnutrisi sejak dini di masyarakat pulau Tanakeke. Oleh karena itu Munawwara dan tim sangat memerlukan dukungan dari berbagai stakeholder. “Kami berharap agar karya kami memberikan inovasi untuk banyak orang dan menjadi langkah awal agar lebih banyak yang peduli pada kesehatan masyarakat, utamanya masyarakat pesisir. Kami harap kedepannya lebih banyak mahasiswa Unhas yang meraih prestasi lebih tinggi”, ujar Munawwara. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here