Home Populer Intip Bunga Krisan Varietas Pinka Pinky Inovasi Balitbangtan

Intip Bunga Krisan Varietas Pinka Pinky Inovasi Balitbangtan

bung krisan varietas pinka pinky

Agrozine.id – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian (Kementan) telah melepas berbagai varietas bunga atau tanaman hias, salah satunya adalah Krisan varietas Pinka Pinky.

Krisan varietas Pinka Pinky ini dilepas pada tahun 2014. Krisan jenis ini memiliki tipe standar dan bunga dekoratif berwarna pink. Krisan yang menyajikan warna pink ini merupakan turunan esensial dari booming-nya varietas “Fiji Pink” dengan penggunaan teknologi sinar gamma. Warna bunga pita bagian atas dan bawah termasuk kelompok red purple 69A dan red purple 69C berdasarkan kartu warna RHS.

Bunga Krisan Pink

Keunggulan dari jenis ini yaitu batang kuat dengan tangkai bunga agak tebal. Selain itu, keunggulan lain dari varietas ini yaitu diameter kuntum bunganya yang cukup besar yaitu 12-14 cm dengan lebar bunga pita baris terluar berkisar antara 1,5 – 2,0 cm. Bunga pita lurus dan tersusun rapat, kompak berjumlah 300-320 helai per kuntum dengan warna bunga tabung hijau cerah.

Bunga krisan varietas  ini memiliki umur mulai berbunga cukup singkat yaitu 58-63 hari. Lalu, untuk lama kesegaran bunga krisan ini sekitar 14-16 hari. Jumlah kuntum bunga per tangkainya yaitu 1 kuntum. Potensi hasil panen bunga krisan pinka pinky ini mencapai 60-64 tangkai/m2/musim tanam.

Daunnya berwarna hijau berbentuk lonjong menjari dengan lekukan sedang dan gerigi sedang. Varietas ini mempunyai sistem perakaran serabut dengan waktu inisiasi perakaran stek 8-11 hari. Bunga krisan varietas pinka pinky dapat beradaptasi dengan baik di dataran menengah sampai tinggi (750 – 1200 m dpl).

Bunga krisan varietas pinka pinky ini merupakan hasil pemuliaan oleh para pemulia dan peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Hias ( Balithi). Kementerian Pertanian memang sejak tahun 1998 telah mengembangkan berbagai varietas krisan melalui program pemuliaan di dalam negeri yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat agribisnis florikultura nasional. Saat ini bunga krisan varietas dalam negeri telah diekspor ke berbagai negara di antaranya Jepang, Hongkong, Singapura, Dubai, Jedah, Taiwan, New Zealand, Kuwait, dan Pakistan. (ran)

 

Dilansir dari instagram resmi @KementerianPertanian, Selasa (08/09/2020)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here