Home Perikanan Intip Yuk Cara Merawat Ikan Hias Botia, Ikan Hias Cantik Asli Indonesia

Intip Yuk Cara Merawat Ikan Hias Botia, Ikan Hias Cantik Asli Indonesia

Agrozine.id – Hobi memelihara ikan hias sering disebut hobi mahal,pasalnya ada berbagai jenis ikan hias yang dapat dijual denga harga tinggi. Salah satu ikan hias yang banyak dipelihara oleh pecinta ikan hias di Indonesia adalah ikan botia. Ikan ini merupakan ikan hias asli Indonesia yang termasuk jenis ikan hias air tawar. Memelihara ikan botia perlu memperhatikan beberapa hal agar pertumbuhannya optimal. Intip yuk cara merawat ikan hias botia berikut ini.

Ikan botia disebut juga ikan bajubang dan di habitat aslinya ikan ini hanya ditemukan di perairan Batanghari Jambi dan sungai Barito Kalimantan. Tapi tenang,sekarang ikan hias cantik ini bisa dipelihara di akuarium kok. Tapi untuk pertumbuhan yang optimal harus dilakukan perawatan dengan cara yang tepat. Begini cara merawat ikan hias botia:

1.Tempat hidup (habitat)

Ikan hias ini hidup di air tawar sehingga bisa dipelihar di dalam akuarium. Ikan botia aktif di siang hari dan bisa dipelihara secara berkelompok. Gunakan akuarium berukuran besar dan jangan lupa mengganti airnya jika sudah terlihat keruh.

2. Perilaku ikan botia

Untuk merawat ikan botia dengan baik,perlu diketahui perilaku ikan ini. Ikan botia memiliki kebiasaan tidur tergeletak pada satu sisi sehingga sering dianggap sakit atau bahkan mati. Selain itu ikan ini senang hidup di persembunyian. Oleh karena itu di dalam akuarium berilah tempat persembunyian ikan seperti batu atau tumbuhan air tiruan.

3.Jenis pakan ikan botia

Pakan untuk ikan botia tidak sulit dicari karena ikan ini dapat memakan semua jenis makanan. Namun karena ikan botia termasuk ikan karnivora maka sebaiknya beri pakan diet protein tinggi. Yang perlu diperhatikan juga adalah ikan botia yang sudah dewasa cenderung pemilih terhadap makanan.

4.Cuaca

Memelihara ikan botia juga harus memperhatikan faktor cuaca. Saat musim hujan ikan ini cenderung mudah terserang penyakit. Oleh karena itu perlu diperhatikan selalu kebersihan akuarium dan ketersediaan pakan agar kondisi tubuh ikan tetap dalam keadaan optimal.

Memelihara ikan hias bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan dipercaya dapat memberikan energi positif di rumah. Setelah mempelajari cara merawat ikan hias botia,apakah anda tertarik untuk mencoba memeliharanya? (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here