Home Perikanan IPB University Ciptakan Bubuk Ajaib Penangkal Udang Mabuk

IPB University Ciptakan Bubuk Ajaib Penangkal Udang Mabuk

Agrozine.id РIPB University menciptakan inovasi baru bubuk ajaib penangkal udang mabuk. Melihat permasalahan yang sering terjadi di kalangan pembudidaya udang yakni terakumulasinya limbah nitrogen berupa amonia yang menyebabkan udang mabuk. Bubuk ajaib penangkal udang mabuk ini mengembangkan bioremediator nitrifikasi Halomonas  sp dari perairan Indonesia yang nilai laju aktivitasnya diakumulasi dengan media pembawa spesifik.

Bubuk tersebut diuji di lapangan tambak udang vaname dan diperoleh hasil dapat menurunkan kadar amonia hingga 90% sehingga meningkatkan kelangsungan hidup udang hingga 80%.

Bubuk ajaib penangkal udang mabuk ini merupakan inovasi dari inovator IPB University Yuni Puji Hastuti SP, MSi.

Adapun keunggulan dari bubuk penangkal udang mabuk ini adalah sebagai berikut:

  1. memiliki aktivitas nitrifikasi spesifik dan terukur
  2. telah teruji dapat mengurangi limbah nitrogen anorgani hingga 98 persen
  3. tidak meninggalkan residu di lingkungan, dapat digunakan terus menerus
  4. disiapkan dalam bentuk bubuk, yang membuat kualitas dan keamanannya lebih terjamin
  5. lebih mudah disimpan dan didistribusikan juga lebih baik

Namun saat ini status paten inovasi ini belum didaftarkan karena masih dalam tahap pengembangan prototype skala lab dan sudan mendapatkan nilai TKT 4.

Bubuk penangkal udang mabuk yang diciptakan oleh inovator IPB University ini telah teruji secara lab sampai skala indoor dan skala outdoor di tambak. Remediator Halomonas sp yang digunakan berasal dari bakteri hasil screening dari air laut Kepulauan Seribu Jakarta.

Perlu diketahui, selain berbahaya bagi kelangsungan hidup udang, racun amonia ini juga berbahaya bagi manusia dan lingkungan. Amonia merupakan senyawa kimia yang mengandung unsur NH3 yang memiliki bau.

Untuk mendaftarkan status paten hasil inovasi ini pihak IPB University mengharapkan adanya beberapa kerja sama dan kolaborasi. Adapun kolaborasi yang diinginkan berupa kerja sama lisensi, kerja sama produksi, kerja sama pengembangan skala produksi (uji skala industri), joint venture dan kerja sama pra lisensi.

Setelah adanya lisensi dan produk bubuk ajaib penangkal udang mabuk sebagai hasil inovasi IPB University ini diharapkan dapat membantu pembudidaya udang dalam mengatasi permasalahan budidaya udang yang sering kali dihadapi para petani ini. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here