Home Perikanan Jala Tech Permudah Penambak Udang Dapatkan Hasil Maksimal

Jala Tech Permudah Penambak Udang Dapatkan Hasil Maksimal

Menjaga Kondisi PH Air di Tambak Udang

Agrozine.id – Tantangan yang dihadapi para penambak udang semakin kompleks. Pasalnya tak hanya masalah penyakit yang menyebabkan kegagalan panen yang dialami oleh para pengggiat usaha tambak udang,melainkan juga masalah kualitas air yang harus dipantau terus-menerus sering membuat para penambak kewalahan. Belum lagi harga udang yang tidak stabil membuat para penambak semakin pusing. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut kini hadir teknologi jala tech. Jala tech permudah penambak udang untuk dapatkan hasil maksimal sehingga membantu para penggiat usaha tambak udang mendapat keuntungan maksimal dari hasil budidaya udang.

Platform jala tech dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Gadjah Mada yaitu Raynalfie Budhy Rahardjo, Syauqy Nurul Aziz, Liris Maduningtyas, Farid Inawan dan Hanry Ario. Mereka membuat sebuah alat yang bisa memonitor kualitas air di sebuah tambak udang secara real time pada tahun 2015. Aplikasi temuan para mahasiswa tersebut diberi nama Blumbangreksa.

Aplikasi Blumbangreksa menggunakan teknologi Iot (Internet of Thing) yang mampu memonitor kualitas air pada tambak udang sehingga memudahkan para penambak untuk mengetahui kualitas air pada tambak udang dan mengatasi masalah-masalah lain yang sering terjadi pada budidaya udang.

Aplikasi Blumbangreksa juga memberikan informasi akurat seperti mengukur,menganalisa dan memberikan rekomendasi berdasarkan kualitas air pada tambak udang. Aplikasi Blumbangreksa yang dikeluarkan oleh Jala Tech ini membantu para penggiat usaha tambak udang bisa mendapatkan hasil maksimal dari usaha budidaya udang yang dijalankannya.

Aplikasi Blumbangreksa telah sukses meraih penghargaan Most Innovative pada acara Virtual StartUp Hunt 2017 dan memenangi kompetisi ASME (The American Society of Mechanical Engineers). Aplikasi Blumbangreksa yang diciptakan Jala Tech ini memiliki keunggulan sebagai berikut:

1.Perangkat dengan sensor yang lenkap sehingga memudahkan untuk mengetahui salinitas,suhu,pH dan TDS (Total Dissolved Solid) dalam tambak udang.

2.Pengawasan real time yang memberikan data kualitas air dan dapat diakses kapan pun dan dimana pun melalui SMS atau web.

3. Analisis dan pembuatan keputusan yang memberikan informasi dan rekomendasi terkait pengambilan tindakan yang tepat berdasarkan kualitas air dalam tabak udang.

Dengan adanya Jala Tech mampu membantu para penambak udang untuk dapatkan hasil maksimal dari usaha budidayanya tanpa harus membuang-buang waktu untuk memonitoring kualitas air dalam tambak dan semoga juga membantu dalam memajukan teknologi akuakultur di Indonesia. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here