Home Biodiversitas Jenis-Jenis Burung Murai, Burung Kicau Bernilai Jual Tinggi

Jenis-Jenis Burung Murai, Burung Kicau Bernilai Jual Tinggi

Agrozine.id – Burung murai memiliki suara yang indah hingga membuat pendengarnya jadi terpukau. Burung ini banyak sekali peminatnya, selain karena suaranya, tampilan fisiknya terlihat elegan. Burung murai memiliki ekor panjang dengan warna bulu yang eksotis. Semua keunggulan yang dimilikinya dan keberadaannya yang kini langka, membuat harga burung ini melambung tinggi.

Burung murai terdiri atas berbagai jenis. Berikut ini jenis-jenis burung murai yang ada di Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi.

Burung Murai Medan

Burung ini menjadi jenis yang paling banyak diincar. Warna bulunya sedap dipandang, dengan balutan warna hitam dari kepala hingga sayap dan warna oranye di bagian dada. Perawakannya indah dengan ekor panjang melengkung hingga mencapai 30 cm. Warna ekor hitam dengan bulu-bulu putih di dekat bagian pangkal dan bawah ekornya. Harga burung murai medan dewasa sekitar Rp 1.300.000.

Burung Murai Aceh

Burung bersuara merdu ini berasal dari hutan Aceh. Murai Aceh mampu berkicau dengan suara tinggi dengan sesekali melakukan tembakan. Tampilan fisik sempurna dengan ekor yang memanjang hingga mencapai 30 cm. Warna bulunya seperti murai medan. Keunggulan yang dimilikinya pantas menjadikannya dihargai tinggi. Harganya berkisar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000.

Burung Murai Batu Lampung

Burung ini merupakan jenis murai yang banyak diincar. Burung murai batu lampung memiliki ciri khas ukuran ekornya lebih pendek dibandingkan jenis murai lain, yaitu antara 12-18 cm. Kicauannya cukup bervariasi karena burung ini mampu menirukan kicauan burung lain. Warna bulunya mirip dengan murai medan. Harga burung murai batu Lampung sekitar Rp 1.000.000 – Rp 1.700.000.

Burung Murai Borneo

Burung murai Borneo datang dari hutan di Kalimantan dengan performa yang agresif dan gesit. Burung ini dengan cepat bisa belajar menirukan suara kicauan burung lain. Di habitat aslinya burung ini bisa mengeluarkan suara yang sangat memukau. Warna bulunya mirip murai medan. Murai Borneo memiliki ekor yang relatif pendek yaitu sekitar 13 cm. Harga burung murai Borneo atau murai Kalimantan sekitar Rp 1.400.000.

Burung Murai Nias

Burung murai ini datang dari wilayah Indonesia Timur, tepatnya dari Nias. Suara kicauannya  tegas dan keras. Murai nias burung yang cerdas karena bisa menirukan berbagai jenis kicauan. Bulu kepala, badan, dan ekornya berwarna hitam, sedangkan dadanya berwarna oranye. Harganya sekitar Rp 1.200.000 – Rp 1.400.000.

Burung Murai Papua

Papua merupakan daerah yang kecantikan alam dan faunanya terkenal sangat indah. Salah satunya adalah murai Papua. Burung ini memiliki tampilan dan kicauan yang unik. Warnanya hitam dengan lingkaran mata berwana biru. Bisa kuat berkicau dalam durasi yang panjang karena staminanya kuat. Harga burung murai Papua bisa mencapai lebih dari Rp 2.000.000.

(Sumber Foto: apkpure.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here