Home Perikanan Ini Jenis Ikan Nila Unggul Yang Cocok untuk Budidaya

Ini Jenis Ikan Nila Unggul Yang Cocok untuk Budidaya

Jenis-Jenis Ikan Nila

Agrozine.id – Jenis ikan nila unggul. Ikan yang memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus merupakan ikan jenis air tawar yang banyak di budidayakan di Indonesia. Dalam usaha budidaya ikan nila, ada satu hal penting yang harus diperhatikan yaitu pemilihan benih yang unggul. Hal tersebut tidak lain agar hasil panen ikan nila dapat maksimal.

Adapun benih yang unggul harus memenuhi syarat antara lain pertumbuhannya cepat, toleran terhadap lingkungan, dan tahan terhadap penyakit. Di Indonesia ada banyak jenis ikan nila, apa saja dan seperti apa kita akan ulas dalam artikel ini.

Pusat penjualan bibit ikan lele terbesar di bekasi: Bibit ikan ...

Jenis Ikan Nila Unggul

Berikut adalah beberapa jenis unggulan yang boleh jadi sangat rekomendasi untuk para peternak ikan melakukan budidaya agar hasilnya baik dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi;

1. Ikan Nila BEST

Ikan nila BEST (Bogor Enhanced Strain Tilapia) merupakan nila hasil perbaikan genetik yang dilakukan oleh Balai Riset Budidaya Air Tawar Bogor. Ikan nila jenis ini mempunyai keunggulan yaitu dapat beradaptasi pada lingkungan yang ekstrim. Pertumbuhan ikan nila best juga cepat. Pada umur 4 bulan, ikan nila best mampu mencapai bobot 300-500 gram per ekor.

2. Ikan Nila GIFT

Ikan nila GIFT (Genetic Improvement Farm Tilapia)merupakan varietas baru dari jenis ikan yang dikembangkan oleh ICLARAM di Philipina. Keunggulan jenis ikan nila GIFT yaitu pertumbuhannya yang cepat.

Baca Juga : Jenis Ikan Nila Yang Cocok Untuki Budidaya

Pada umur 5 – 6 bulan, ikan nila gift ini mampu mencapai bobot 600 gram per ekor. Selain itu, ikan jenis ini toleran terhadap salinitas air yang tinggi dan tahan terhadap serangan hama penyakit.

3. Ikan Nila Gesit

Ikan nila GESIT (Genetically Supermale Indonesia Tilapia) merupakan nila yang dikembangkan oleh IPB, BPPT, dan BBPBAT. Jenis ini merupakan hasil rekayasa dari jenis GIFT.

Jenis nila gesit bisa menghasilkan pejantan dengan tingkat keberhasilan hingga 98%. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan. Pasalnya, jenis ikan nila jantan mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan nila betina.

4. Ikan Nila Larasati

Jenis ikan nila unggul ini merupakan nila lokal yang dikembangkan oleh Balai Benih Ikan Janti, di Klaten. Nila larasati bisa dikembangbiakkan di berbagai media air, seperti kolam air tenang, deras, atau payau.

Keunggulan ikan nila jenis ini yaitu dapat tumbuh dengan cepat dan daya tahan tubuhnya juga kuat, sehingga lebih tahan terhadap serangan penyakit.

5. Ikan Nila Citralada

Ikan nila citralada merupakan salah satu strain ikan nila merah yang  berasal dari Thailand. Namun, nila citralada mempunyai warna tubuh lebih terang, sirip ekor lebih panjang, dan garis vertikal pada tubuh yang lebih jelas dibandingkan dengan strain nila merah lainnya. Keunggulan ikan nila jenis ini yaitu dapat menghasilkan telur yang banyak dan daya tahan tubuh yang kuat.

6. Ikan Nila Nirwana

Ikan nila nirwana merupakan hasil persilangan antara nila GIFT dan nila GET (Genetically Enhanced Tilapia). Keunggulan ikan nila nirwana yaitu pertumbuhannya cepat.

Bobot nila nirwana mampu meningkat sekitar 45% pada generasi ke-3 (F3) tentu saja masuk pada jenis ikan nila unggul. Bentuk tubuh nila nirwana relatif lebih lebar dengan panjang kepala yang lebih pendek. Nila ini memiliki tekstur daging yang lebih tebal dibandingkan jenis nila lainnya.

7. Ikan Nila Merah

Ikan nila merah juga berasal dari Filipina. Seperti namanya, ikan nila jenis ini memiliki sisik berwarna merah. Ikan nila merah memiliki tingkat reproduksi yang tinggi dan pertumbuhan yang cepat. Maka tidak heran jika ikan nila merah sering dibudidayakan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila Tanpa Aerator, Bisa!

Itulah jenis ikan nila unggul yang memiliki banyak ditemukan di beberapa daerah. Banyaknya jenis tentu membuat para pembudidaya ikan lebih leluasa dalam memilih dan menetapkan jenis yang cocok dengan ekosistem setempat, pemanfaatan hasil, dan proses pemasaran. Jika kamu berniat untuk membudidayakan ikan nila, kamu bisa memilih diantara beberapa jenis di atas. Semoga bermanfaat. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here