Home Pertanian Melon-Melon Unggul di Indonesia Yang Layak Dikembangkan

Melon-Melon Unggul di Indonesia Yang Layak Dikembangkan

Agrozine.id – Kamu suka buah melon? Akan lebih puas lagi jika kamu bisa memetiknya dari hasil menanamnya sendiri. Soal benih jangan khawatir, karena beragam varietas melon unggul telah ada dan dibudidayakan di Indonesia. Buah melon sendiri banyak diburu karena rasanya yang manis, daging buahnya yang lembut, teksturnya yang segar dan berair, serta harganya yang bersahabat. Peluang budidaya melon pun terbuka lebar, lebih-lebih bagi jenis-jenis varietas melon unggul berikut ini.

Action 434

Tanaman melon varietas ini tumbuh kuat dan tegap, tetapi tetap dianjurkan untuk dirambatkan pada lanjaran.  Daunnya berwarna hijau gelap dan buahnya berbentuk bulat berjaring penuh. Warna kulitnya hijau dan warna daging buah hijau kekuningan. Rasa sangat manis, kadar gula (brix) 14%. Berat buah rata-rata 2,5 kg. Tahan lama dalam penyimpanan. Melon ini sangat toleran terhadap penyakit layu, embun tepung, dan lalat buah. Umur panen melon ini sekitar 35 hari setelah pembungaan atau sekitar 65 hari setelah tanam.

Apollo

Ciri utama melon ini adalah kulit buahnya yang berwarna kuning cerah tanpa jala. Bagian dalam daging buah melon apollo berwarna putih, tekstur buah renyah, dan rasanya manis dengan brix mencapai sekitar 15 – 17 %. Budidaya melon Apollo cocok di dataran rendah sampai menengah terutama di musim kemarau. Buah melon yang berbentuk lonjong ini dapat mencapai bobot 2 kilogram. Masa panen melon ini 60 hari setelah masa tanam.

Galuh

Varietas Galuh bobotnya mencapai 2-2,5 kg/buah, memiliki jala kulit setebal 93-94%, jala garis segitiga dan segilima rapat, dan daging berbentuk buah setebal 5,2 cm. Melon varietas ini memiliki aroma kuat, cita rasa buah yang sangat manis sebesar 17,5 brix, dan memiliki daya simpan sampai 17-20 hari setelah panen. Melon hibrida ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai medium dengan ketinggian 0-700 m dpl. Buah melon ini bisa mulai dipanen pada umur 65 – 70 hari setelah tanam.

Indorif

Varietas melon ini berbentuk oval dan berwarna putih-hijau dengan keunggulan bobot buah 1,6-2kg/buah, jala kulit cantik dengan ketebalan sedang (88-90%). Tebal daging 4,3 cm dengan tekstur daging lunak, aroma buah sangat kuat, citarasa buah manis (16,50 brix), serta daya simpan selama 14-16 hari setelah panen. Jala Melon berbentuk lurus membujur dan melintang saling memotong. Melon hibrida varietas Indorif ini dapat tumbuh di dataran rendah sampai medium dengan ketinggian 0-700 m dpl. Buah melon ini bisa dipanen pada umur 65 – 70 hari setelah tanam.

Kanaya

Varietas melon hibrida ini memiliki bentuk bulat dan berwarna oranye. Bobot buah 1,5-1,8 kg/buah, ketebalan jala kulit buah 91 93%, bentuk jala segitiga dan segilima teratur. Selain itu, melon varietas ini mempunyai ketebalan daging 4,5 cm, rasa daging yang manis (17 brix), dan renyah, beraroma kuat serta memiliki daya simpan selama 18-20 hari setelah panen. Melon Hibrida varietas Kanaya mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah sampai medium dengan ketinggian 0-700 m dpl. Buah melon ini bisa dipanen pada umur 65 – 70 hari setelah tanam.

Mai 119

Keunggulan melon ini bobotnya bisa mencapai 3,5 kilogram per buahnya. Ciri melon Mai 119 adalah bentuk buahnya yang bulat dan kulit buah berwarna hijau dengan pola jala. Daging buah melon varietas ini berwarna oranye. Rasanya manis dengan tingkat kemanisan 14-16 briks dan teksturnya kenyal sehingga diminati konsumen. Umur panen melon ini adalah 65 hari setelah masa tanam.

MB2

Melon varietas MB2 sudah dapat dipanen pada umur 55-60 hari setelah tanam atau 30-35 setelah persarian. Bobotnya sekitar 1,6-1,8 kg, persentase jala 90%, daging buah berwarna oranye, aroma kuat, tekstur renyah, bentuk buah bulat dan rasa buah manis (15 Brix). Melon hibrida ini sangat potensial dikembangkan oleh industri benih hortikultura. Melon ini siap panen pada umur 65-70 hari.

Orange Meta

Sama seperti namanya, Orange meta adalah varian melon unggul dengan kulit buah berwarna oranye. Varian ini bagian kulitnya tidak berjala. Ciri khas melon ini adalah daging buahnya yang berwarna oranye muda. Melon berbentuk lonjong ini teksturnya renyah dan rasanya manis dengan kadar gula 14-15 brix. Buah ini dapat dipanen pada umur 60 hari setelah tanam.

Sky Rocket

Melon ini bisa tumbuh hingga 3 kilogram per buahnya. Bentuk buahnya bulat dengan warna kulit hijau kekuningan dengan pola jala. Bagian dalam daging buahnya berwarna hijau muda. Melon sky rocket memiliki tekstur kenyal dengan rasa yang manis (14 – 17 % brix). Melon ini bisa dipanen pada umur 65 hari setelah masa tanam.

Sunrise Meta

Ciri utama jenis melon ini adalah kulit buahnya yang berwarna putih tanpa tekstur jala. Bentuk buahnya agak lonjong. Bagian dalam daging buahnya berwarna oranye. Keunggulan sunrise meta adalah tekstur daging buahnya yang kenyal dan renyah, serta rasanya yang manis (13 brix). Sunrise meta dapat dipanen pada umur 60 hari setelah tanam.

Demikianlah jenis-jenis melon unggul di Indonesia yang layak dikembangkan. Semoga kamu bisa ikut membudidayakannya dan merasakan manisnya rasa dan keuntungan melon-melon unggul tersebut.

(Sumber Foto: https://goqii.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here