Home Hortikultura Jenis-Jenis Pisang Populer di Indonesia

Jenis-Jenis Pisang Populer di Indonesia

modernfarmer.com

Agrozine – Pisang merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, tidak semua jenis pisang dapat dikonsumsi dan bernilai ekonomi. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin berbudidaya pisang, sebaiknya mengenal pisang apa saja yang populer alias laku di pasaran. Berikut ini adalah jenis-jenis pisang yang populer di Indonesia.

Pisang Ambon Kuning 

Pisang ambon kuning memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan jenis pisang ambon lainnya. bentuk buahnya  melengkung sedikit ke atas. Kulitnya tidak terlalu tebal dan daging buahnya akan berwarna kuning putih sedikit kemerahan jika sudah matang. Setiap tandannya bisa mencapai 129 buah pisang. Rasanya yang manis dengan aroma yang harum menjadikan buah ini sebagai makanan pencuci mulut. Pisang ambon kuning dijual dengan harga 25 -30 ribu rupiah per sisir.

Pisang Ambon Lumut

Pisang ambon lumut berbentuk lurus dengan panjang 15-17 cm dan berdiameter 42 mm dengan kulit yang cukup tebal. Keunikan dari pisang ambon ini adalah tetap berwarna hijau meskipun sudah matang. Namun, jika sudah terlalu matang warnanya kekuning-kuningan bercak cokelat. Buahnya berwarna lebih putih dan ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis pisang ambon lainnya. Begitu juga aroma yang terkandung pada buah pisang ini sangat harum dan memiliki kandungan rasa manis yang lebih tinggi daripada jenis pisang ambon yang lain. Pisang ambon lumut nikmat dikonsumsi langsung. Pisang ambon lumut dijual dengan harga 17-25 ribu per sisir.

Pisang Ambon Putih

Pisang jenis ini di Filipina disebut pisang ambon, tetapi di Thailand disebut kluai hom dok maid dan Malaysia menyebutnya pisang embun. Berbeda dengan pisang ambon lumut, bentuk pisang ini lebih besar dengan warna kulit putih kekuningan saat matang. Pisang ini umumnya diberikan kepada bayi untuk makanan awal. Rasanya sedikit asam dengan aroma yang harum. Pisang ini dijual dengan harga 16-24 ribu per sisir.

Pisang Awak 

Pisang ini disebut juga pisang siem/siam. Bentuk buah pisang awak lurus dengan pangkal bulat. Warna daging buah putih kekuningan dengan kulit yang tebalnya 0,3 cm. Panjang pisang ini sekitar 15 cm dengan diameter 4 cm, saat matang buah ini akan berwarna putih kekuningan dengan berat rata-rata 67,5 gram. Pisang awak setiap tandannya terdapat 18 sisir dengan setiap sisir bisa mencapai 11 buah. Pisang ini sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan balita dan baik untuk penderita sakit lambung. Pisang ini per sisir dijual dengan harga 18-25 ribu rupiah.

Pisang Barangan

Pisang barangan bertekstur lurus dengan panjang sekitar 11 cm dan berdiameter 30 mm. Daging buah pisang barangan berwarna kuning sedikit putih, rasanya manis dan tidak berbiji. Pisang ini biasanya disajikan sebagai makanan pencuci mulut pada acara-acara pesta. Pisang barangan merupakan komoditi unggulan di wilayah Sumatera Utara, terutama di Kabupaten Deli Serdang. Pisang ini dijual dengan harga sekitar 15-25 ribu rupiah per sisir.

Pisang Cavendish

Buah pisang Cavendish merupakan jenis pisang  komoditi ekspor terbesar di Filipina. Secara fisik buah ini memiliki panjang 15-22 cm dengan diameter 3-4 cm. Daging buah ini sangat lembut dengan rasa yang manis dan aroma harum. Saat matang kulitnya akan tampak berwarna kuning cerah. Dalam satu tandan buah pisang cavendish terdapat 14-20 sisir dengan tiap sisir berisi 16-20 buah. Buah ini dapat disimpan sampai 28 hari. Harga pisang ini berkisar antara 30-60 ribu rupiah per sisir.

Pisang Kapas

Pisang ini hanya cocok untuk produk olahan karena aromanya yang kurang, tetapi rasanya manis. Setiap sisirnya terdiri dari 15 buah. Panjang buahnya mencapai 6 cm dengan bentuk kulit yang cukup tebal dan berwarna kuning dengan sedikit berbintik hitam. Harga pisang ini berkisar antara 10-15 ribu per sisir.

Pisang Kepok

Pisang kapok bertekstur tebal dengan daging buah berwarna krem dan halus.  Kulitnya  berwarna hijau ketika mentah dan kuning saat sudah matang. Umumnya jenis pisang ini akan lebih lezat jika direbus atau digoreng.  Biasanya pisang kepok dijadikan bahan utama dalam pembuatan kue atau bolu. Mengonsumsi buah pisang kepok dapat mengatasi sembelit dan melancarkan sistem pencernaan.Harga pisang ini berkisar antara 10-25 ribu rupiah per sisir.

Pisang Kidang 

Pisang kidang terkenal dengan warnanya yang merah jingga  dengan daging buahnya warna putih. Umumnya pisang jenis ini dijadikan makan pencuci mulut karena rasanya yang manis dan aromanya yang harum. Setiap tandannya terdiri dari 5-7 sisir dengan tiap sisir berisi 13 buah. Setiap buah meliki berat 120 gr dengan panjang 12 cm. Harga pisang ini sekitar lima puluh ribu rupiah per sisir.

Pisang Lampung

Pisang ini kecil tapi rasanya manis enak. Pisang lampung hampir serupa dengan pisang mas. Hanya saja perbedaannya terletak pada ujung buahnya. Jika diperhatikan dengan baik, ujung pisang lampung lancip sedangkan pisang mas tumpul. Setiap tandan pisang lampung terdiri dari 6-8 sisir dengan tiap sisir terdiri dari 18-20 buah. Jenis pisang ini dapat disajikan sebagai makanan pencuci mulut beraroma harum. Harga pisang ini berkisar antara 10-15 ribu rupiah per sisir.

Pisang Mas

Pisang ini memiliki warna keemasaan saat matang dengan kulit yang tipis. Pisang mungil ini enak dimakan langsung maupun digoreng. Pisang mas sering ditemukan pada acara-acara pesta, wirid, ataupun kenduri sebagai makanan pencuci mulut. Selain rasanya yang manis, kulit pisang mas memiliki kemampuan menyerap racun residu bahan-bahan kimia berbahaya sehingga pisang ini aman dikonsumsi. Setelah buahnya matang, pisang mas memiliki kulit yang tipis dan lengket. Buah pisang ini cocok dan baik bagi anak balita karena teksturnya halus, harum, dan rasanya manis. Harga pisang ini berkisar antara 15-30 ribu rupiah per sisir.

Pisang Nangka

Pisang ini lebih enak disantap setelah digoreng atau dikolak daripada dimakan segar. Pisang nangka sangat populer di Indonesia dan Malaysia. Pisang ini memiliki tekstur kulit yang tebal berwarna hijau meskipun sudah matang. Namun, jika sudah terlalu matang akan berubah warna menjadi kuning dan lembek jika disentuh. Rasa pisang nangka manis dengan sedikit asam dan aroma yang sangat harum seperti nangka.  Setiap sisir terdiri dari 14-24 buah. Harga pisang ini berkisar antara 15-25 ribu rupiah per sisir.

Pisang Raja

Pisang raja buahnya melengkung sedikit ke atas, kulitnya tebal dan sedikit kasar. Jika sudah matang, buahnya berwarna kuning oranye dengan aroma yang harum dan rasanya yang legit dan manis. Jenis pisang ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar maupun kecil. Saat belum masak,  pisang ini berwarna hijau dan berubah warna menjadi kuning keemasan. Pisang ini dapat dikonsumsi langsung tanpa terlebih dahulu digoreng ataupun direbus maupun dikukus. Pisang raja yang belum matang biasanya dijadikan keripik pisang atau sale pisang. Selain dikonsumsi, pisang raja banyak digunakan untuk keperluan persyaratan upacara adat seperti pernikahan, selametan, atau acara bersih desa. Harga pisang ini berkisar antara 15-25 ribu rupiah per sisir.

Pisang Raja Sereh

Pisang ini kulitnya berwarna kuning kecokelatan dan saat sudah matang akan berbintik cokelat gelap. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur lunak dan rasa sedikit asam. Meskipun buah pisang ini sedikit asam, tetapi kandungannya menyehatkan tubuh.  Setiap satu buah pisang sereh mengandung energi sebesar 110 kkal, protein 1,2 gr, karbohidrat 31,1 gr, lemak 0,2 gr, kalsium 7 mg dan fosfor 29 mg. Selain itu, pisang raja sereh juga mengandung aneka vitamin, diantaranya vitamin A, B10, dan C. Harga pisang ini berkisar antara 19-30 ribu rupiah per sisir.

Pisang Uli

Pisang bertekstur padat ini hanya cocok untuk makanan olahan karena rasanya yang manis dan beraroma harum. Setiap tandannya terdiri paling sedikit 5 sisir sampai dengan 8 sisir dengan berat tiap buah 120 g. Pisang ini enaknya direbus atau dijadikan gorengan untuk hidangan sore hari. Harga pisang ini berkisar antara 10-20 ribu rupiah per sisir.

Pisang Tanduk

Di Thailand, pisang yang mirip tanduk ini disebut kluai nga chang, di Philiphina menyebutnya tindok, dan di India disebut Changalikodan Nendran. Pisang tanduk memiliki panjang 25-35 cm dengan diameter 6-7 cm. Setiap sisirnya terdiri atas 10-15 buah dengan  berat bisa mencapai 7-10 kg. Pisang tanduk kurang enak jika dikonsumsi langsung, tetapi akan berasa manis dan enak saat telah dimasak. Harga pisang ini berkisar antara 22-35 ribu rupiah per sisir.

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here