Home Pertanian Jenis-Jenis Rambutan Unggul di Indonesia

Jenis-Jenis Rambutan Unggul di Indonesia

Agrozine.id – Buah rambutan memiliki berbagai varian atau jenis, di mana masing-masing varian memiliki keunggulan dalam bentuk, warna, maupun rasanya. Untuk lebih jelasnya, simak jenis-jenis rambutan unggul di Indonesia berikut ini.

Rambutan Rapiah

Rambutan ini adalah jenis rambutan yang paling digemari masyarakat Indonesia. Meskipun ukuran buahnya relatif kecil, tetapi rasanya super manis. Selain itu, daging buahnya tebal, bertekstur kenyal, agak renyah, buah dan bijinya mudah terlepas. Buah rambutan rapiah berbentuk bulat dan memiliki ciri khas, yakni mempunyai pelat yang terdapat di kulitnya. Warna kulit buahnya berwarna hijau-kuning-merah, rambut buahnya pendek, jarang, dan kasar. Pohon rambutan rapiah tidak terlalu lebat, dalam satu tahun panen mampu menghasilkan 1.000  – 1.600 buah atau sekitar 18 – 30 kilogram pertahun.

Rambutan Si Bongkok

Rambutan ini berasal dari Kalimantan Selatan. Buahnya berukuran cukup besar, kulit buahnya berwana merah tua kecokelatan, berbentuk lonjong, dengan rambut yang agak halus. Daging buahnya berwarna putih bening dengan tekstur agak kering, ngelotok dengan kulit biji agak melekat. Buahnya mempunyai rasa yang manis dengan aromanya yang khas. Bijinya berukuran relatif kecil dan berbentuk bulat panjang dengan ujung agak membengkok. Produktivitasnya per pohon 3.500-4.500 buah atau sekitar 175-225 kg per tahun.

Rambutan Binjai

Buah rambutan ini rasanya manis dengan daging buah tebal dan ngelotok. Buahnya berbentuk lonjong, mempunyai rambut yang panjang, jarang, dan kasar. Rambutnya berwarna merah dengan ujungnya berwarna hijau dan kulit buahnya berwarna merah tua. Daging buahnya berwarna putih dengan bentuk biji bulat panjang. Pohon ini berasal dari daerah Binjai, Sumatera Utara. Keunggulan lainnya adalah tingkat produktivitasnya tinggi, dalam satu tahun mampu menghasilkan 40 – 68 kg atau 1.200 – 2.000 buah per pohon.

Rambutan Lebak Bulus

Rambutan lebak bulus memiliki keunggulan berupa kandungan kadar airnya yang tinggi. Selain itu, buahnya mempunyai rasa yang manis dengan sedikit asam menyegarkan. Sesuai namanya, tanaman rambutan ini pertama kali dibudidayakan di daerah Lebak Bulus, Jakarta. Buahnya berbentuk bulat, dengan rambut buah yang berwarna merah dengan ujung kekuningan. Buah Rambutan Lebak Bulus sangat cocok dijadikan manisan.

Rambutan Bahrang

Rambutan Bahrang ini berasal dari daerah Langkat, Sumatera Utara. Keunggulan Rambutan ini adalah ukuran rambutnya lebih panjang dari jenis rambutan lainnya. Daging buahnya berwarna agak sedikit kekuningan dengan rasa yang sangat manis dan lezat. Ketika sudah matang, kulit buahnya akan berwarna jingga kemerah-merahan.

Rambutan Si Batuk Ganal

Buah rambutan ini berasal dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Rambutan si batuk ganal memiliki keunggulan berupa ukuran buah yang lebih besar jika dibandingkan dengan jenis rambutan lain. Kulit buahnya berwarna merah kekuningan, daging buahnya memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Rasanya manis dengan daging buah yang sangat mudah terlepas dari bijinya.

Rambutan Antalagi

Rambutan ini sebagai salah satu jenis rambutan unggul di Indonesia karena memiliki rasa yang sangat manis dan aromanya yang sangat khas dan kuat. Rambutan antalagi berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Buahnya berbentuk bulat memanjang, sedikit pipih, memiliki rambut yang pendek berwarna hijau dan sedikit kuning. Rasanya sangat manis dan mempunyai aroma buah yang sangat harum.

Rambutan Kapulasan

Nama lain dari rambutan kapulasan adalah rambutan babat. Rambutan ini mempunyai ciri khas, yakni rambut buahnya yang sangat pendek, kaku, dan cukup lebat. Buah rambutan kapulasan berwarna merah kecokelatan dengan kulit tebal, daging buahnya rasanya asam manis, kenyal, dan agak kering.

Rambutan Garuda

Rambutan Garuda merupakan salah satu hasil alam daerah sungai Andai, Kalimantan Selatan. Keunggulan rambutan garuda, yaitu rasa buahnya manis, daging buahnya tebal, dan ukuran buahnya besar. Kulit buahnya manis, agak gurih, dan cenderung lebih kering dibandingkan rambutan jenis lain.

Rambutan Narmada

Rambutan ini merupakan jenis rambutan unggul yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Daging buahnya kenyal, tidak lembek, dan rasa manisnya khas. Buah Rambutan Narmada memiliki warna kulit buah yang cerah, yakni perpaduan antara kuning dan merah.

Demikian jenis-jenis rambutan unggul di Indonesia. Semoga bermanfaat dan semoga kamu bisa merasakan semua jenis rambutan unggul tersebut.

(Sumber Foto: tanamanmart.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here