Home Peternakan Jenis Lovebird Termahal dan Paling Dicari di Indonesia

Jenis Lovebird Termahal dan Paling Dicari di Indonesia

Agrozine.id – Bagi kamu pecinta burung hias, tentu tidak asing lagi dengan jenis burung yang satu ini yaitu lovebird. Burung berukuran kecil dengan beragam warna menarik ini memang memiliki peminat yang cukup banyak di kalangan pecinta burung hias. Selain warnanya yang menarik, ternyata penentuan harga loverbird juga dilihat berdasarkan suaranya. Nah apa saja jenis lovebird termahal dan paling dicari di Indonesia? Berikut adalah ulasannya!

1.Lovebird Biola

Jenis ini menjadi primadona di kalangan pecinta burung hias. Lovebird biola dikenal dengan harganya yang mahal karena termasuk jenis yang sudah mulai langka. Di pasaran harga per ekor lovebird biola mencapai Rp 8- Rp 9 juta untuk lovebird yang masih anakan, sedangkan untuk lovebird dewasa harganya berbeda lagi yaitu dibanderol dengan harga mencapai Rp 22 juta.

2. Lovebird Parblue

Jenis ini memiliki nama lain Yellow face karena pada bagian muka dan lehernya berwarna kuning keputihan. Lovebird parblue pertama kali ditemukan di Amerika Serikat dan kebanyakan warnanya didominasi dengan warna biru. Di pasaran, harga lovebird parblue bisa mencapai Rp 10 juta.

3. Lovebird Biola Euwing

Yang ketiga adalah jenis lovebird biola euwing. Jenis ini merupakan hasil persilangan antara lovebird biola dan lovebird euwing. Di pasaran harga lovebird jenis ini berkisar antara  Rp 13-Rp 17 juta.

4. Lovebird Biola Blue

Jenis ini termasuk salah satu lovebird yang memiliki harga termahal. Di pasaran satu ekor lovebird biola blue dibenderol dengan harga berkisar mulai dari Rp 40-50 juta.

5. Lovebird Batman

Warna yang dimiliki lovebird batman ini cukup unik yaitu hitam. Konon katanya lovebird jenis ini sangat sulit diternak dan dikembangbiakkan jika tidak ada indukan yang berwarna hitam batman. Namun untuk harga, jenis yang satu ini tidak begitu mahal. Di pasaran, harga per ekor lovebird batman berkisar antara Rp 900.000- Rp 1.300.000.

Baca Juga: Queen Bird Farm Bali : Budidaya Murai Batu Berawal dari Hobi,...

6. Lovebird Blorok

Jenis ini juga termasuk salah satu lovebird yang unik. Lovebird blorok tidak memiliki warna bulu yang dominan. Warna lovebird blorok biasanya semburat antara warna putih dengan warna lainnya. Terdapat beberapa jenis lovebird blorok seperti lovebird parblue blorok dan lovebird merah blorok. Di pasaran, harga lovebird blorok ini berkisar antara Rp 1-2 juta.

7. Lovebird Albino

Jika biasanya lovebird memiliki warna cerah dan menarik, maka sesuai namanya lovebird yang satu ini memiliki tubuh yang keseluruhannya berwarna putih. Namun warna putih itulah yang menjadikan lovebird albino menjadi unik dan disukai banyak orang karena dianggap memiliki bulu yang bersih. Lovebird albino sendiri cukup langka di Indonesia, namun harganya tidak semahal jenis lain. Lovebird ini di pasaran dijual dengan harga sekitar Rp 700 ribuan. Nah ada dua jenis lovebird albino jika dilihat dari matanya yaitu lovebird albino mata hitam dan lovebird albino mata merah. Biasanya harga lovebird albino mata merah lebih mahal dibanding mata hitam.

8. Lovebird Lutino

Jenis ini didominasi oleh warna kuning dan merah pada tubuhnya. Biasanya bagian tubuhnya berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna merah atau orange. Lovebird lutino memiliki harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 200-300 ribuan saja. Tapi lovebird ini sering diikutkan dalam berbagai lomba untuk mempertontonkan kecantikan warna dan kicauannya.

Baca Juga: Mengenal Ayam Bangkok Pakhoy Fastdog si Petarung Handal

9. Lovebird Olive

Dikenal juga dengan nama lovebird Double Dark Green (DD Green). Memiliki warna hijau tua namun tidak di keseluruhan bagian tubuhnya, hanya di bagian sayap, punggung hingga ekornya saja. Kepalanya biasanya berwarna orange, kuning atau pink. Di pasaran harga lovebird olive ini cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp300-600 ribuan tergantung usianya.

10. Lovebird Halfsider

Terkenal sebagai jenis lovebird yang paling langka dan sulit diternakkan. Lovebird ini memiliki perpaduan warna yang unik dan menarik dimana setengah bagian tubuhnya berwarna putih dan setengahnya lagi berwarna kuning. Karena sudah langka, maka harga lovebird halfsider ini di pasaran pun cukup mahal, bisa mencapai Rp 150 juta.

 

Nah itulah dia jenis lovebird termahal dan paling dicari di Indonesia. Meski dengan harga yang terbilang mahal, namun bagi pecinta burung hias tentu tidak menjadi masalah terutama jika mereka bisa mendapatkan lovebird yang mereka inginkan dengan warna yang menarik ditambah kicauan yang merdu. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here