Home Biodiversitas Jenis Penyebaran dan Kandungan Nutrisi Pakan Anoa

Jenis Penyebaran dan Kandungan Nutrisi Pakan Anoa

Kandungan Nutrisi Pakan Anoa

Agrozine.id – Kandungan nutrisi pakan Anoa. Hewan yang dikenal dengan nama ilmiah Bubalus sp adalah satwa endemik Sulawesi yang termasuk dalam jenis dilindungi menurut Permenlhk Nomor P.106/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018. Saat ini habitat alami anoa semakin berkurang akibat adanya perburuan dan konversi habitat pakannya.

Berangkat dari permasalahan tersebut, maka dilakukan penelitian mengenai jenis penyebaran dan kandungan nutrisi pakan anoa yang dilakukan oleh Muhammad Ismul di Taman Nasional Gandang Dewata,Sulawesi Barat.

Menurunnya populasi anoa dari tahun ke tahun dan diperkirakan hanya tersisa kurang dari 2500 individu. Faktor yang menyebabkan semakin berkurangnya populasi anoa ini terdiri dari faktor yaitu faktor langsung dan faktor tidak langsung.

Yang menjadi faktor langsung penyebab hilangnya habitat dan berkurangnya populasi anoa adalah degradasi dan konversi lahan hutan menjadi perkebunan atau lahan pertanian.

Baca Juga: Kenapa Sapi Holstein Berukuran Besar? Cek Faktanya Berikut Ini!

Bukan hanya itu, hilangnya habitat anoa ini juga disebabkan oleh aktivitas manusia seperti perburuan ilegal dan pemukiman yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Faktor tidak langsung yang menyebabkan hilangnya habitat dan menurunnya populasi anoa adalah faktor pakan dimana pakan adalah komponen biotik yang berperan penting dalam hilangnya populasi anoa.

Belum adanya penelitian lebih lanjut mengenai penyebaran pakan dan populasi anoa ini menjadikan data tentang pentingnya pakan terhadap perkembangan populasi anoa tidak banyak diketahui.

Kandungan Nutrisi Pakan Anoa Di Habitat Aslinya

Untuk mengidentifikasi penyebaran dan kandungan nutrisi dalam pakan anoa, dilakukan dengan metode mencatat langsung jenis pakan yang ditemukan di lapangan dan diidentifikasi jenis tumbuhannya.

Sedangkan untuk analisis kandungan nutrisi dalam pakan dilakukan dengan metode analisis proksimat. Ada tiga pembagian penyebaran pakan anoa di lapangan yaitu acak, mengelompok dan seragam.

Penelusuran habitat anoa untuk mengetahui penyebaran pakan dilakukan dengan mengidentifikasi jejak tapak, kotoran atau feses, bekas pakan, tempat berlindung dan tempat menggosok tanduk.

Baca Juga: Mengenal Ikan Tembakul, Bisa Hidup di Air dan Darat

Melalui penelitian di lapangan didapatkan 27 jenis tumbuhan dari 19 famili yang menjadi pakan anoa dimana jenis yang mendominasi ditemukan dalam famili Moraceae (nangka-nagkaan). Untuk mengidentifikasi kandungan nutrisi pakannya dilakukan dengan mengidentifikasi kandungan nutrisi dalam tumbuhan jenis ballang-ballang (Carex perakensis), sandaniki (Cyrtandra polyneura), nande barubambang (Elastotema lineolatum) yang diambil bagian daunnya, sedangkan jenis tumbuhan poppo barumbungan (Ficus trichocarpa) diambil bagian dalam buahnya dan loak (Pronephrium tryphyllum) diambil sampel sebanyak 5 buah dari bagian batang muda.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa penyebaran jenis tumbuhan yang menjadi pakan anoa didominasi oleh pola penyebaran secara mengelompok dan acak.

Jenis pakan yang memiliki persebaran mengelompok adalah rumput karena biji tumbuhan tersebut cenderung jatuh di dekat induknya. Sedangkan tumbuhan yang tidak berumpun cenderung acak dalam penyebarannya karena punya individu yang relatif banyak.

Kandungan nutrisi pakan Anoa terdiri dari air, abu yang memiliki fungsi utama sebagai proses pembentukan otot dan pertumbuhan tubuh pada anoa juga sebagai salah satu komponen penyusun sel utama. Kadar air yang dimiliki tiap jenis pakan yang dianalisis proksimat sangat erat kaitannya dengan bahan kering yang didapat dari setiap jenis pakan yang dianalisis.

Baca Juga: Mengenal Anoa, Si Kerbau Kerdil dari Sulawesi

Selain itu, pakan juga memiliki kandungan serat kasar yang terdapat pada Ficus trichocarpa  lebih rendah dibandingkan dengan serat kasar yang dimiliki oleh jenis Carex perakensi. 

Kandungan lemak kasar dalam pakan anoa sangat rendah. Lemak berfungsi sebagai sumber energi yang dapat disimpan sebagai cadangan energi untuk mempertahankan suhu normal dan melindungi organ vital seperti ginjal dan mata. Selain itu lemak juga diperlukan sebagai penyerap vitamin dalam lemak. Karena kandungan lemak dalam sumber pakan rendah, anoa cenderung mencari lemak dari sumber lain.

Berdasrkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa jenis penyebaran dan kandungan nutrisi pakan anoa masih rendah dan diperlukan adanya penelitian lebih lanjut terkait dengan kandungan nutrisi dalam jenis pakan lain, karena jenis tumbuhan pakan yang dianalisis masih sangat sedikit dibadingkan jumlah keseluruhan tumbuhan pakan anoa yang ditemukan di Taman Nasional Gandang Dewata. (ira)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here