Home Pertanian Jenis Pupuk Organik Terbaik yang Cocok untuk Pemula di Perkebunan

Jenis Pupuk Organik Terbaik yang Cocok untuk Pemula di Perkebunan

Agrozine.id⎼Berkebun merupakan aktivitas yang menyenangkan dan bisa membuat rileks. Meski terlihat muda, berkebun juga perlu pengetahuan tentang karakter tanah yang berdampak pada pemilihan pupuk yang tepat untuk tanaman. Meski begitu, kamu yang pemula tidak perlu bingung memilih jenis pupuk organik terbaik.

Tim Agrozine.id telah menyiapkan 7 jenis pupuk organik terbaik yang cocok untuk pemula di perkebunan. Kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan semua jenis pupuk di toko tanaman hias atau bisa membuat sendiri.

Baca Juga: Tips Pemupukan Tepat Untuk Tanaman Cabe, Panen Banyak

Pupuk kompos


Bahan pupuk kompos terdiri dari berbagai macam limbah tanaman, sayuran, buah, atau hewan. Tanah dan organisme di dalamnya secara perlahan mengurai bahan-bahan tersebut.

Cacing sangat suka dengan pupuk jenis ini, hewan melata ini akan membantu membuat rongga di tanah yang akan membuat air dan udara mudah masuk. Selain itu, unsur hara dan nutrisi di pupuk ini sangat bagus untuk pertumbuhan tanaman kesayangan kamu.

Kamu bisa mendapatkan jenis pupuk ini dengan sangat mudah di toko yang menjual alat dan perlengkapan perkebunan. Kamu bisa mencoba membuatnya sendiri jika ada waktu.

Penggunaan pupuk ini sangat sederhana, kamu bisa mencampur media tanam dengan pupuk kompos.

Humus


Selain kompos, Kamu juga bisa menggunakan humus sebagai jenis pupuk organik terbaik untuk membuat tanaman tumbuh subur. Humus terbuat dari tanaman berkayu atau tidak berkayu yang membusuk di atas permukaan tanah.

Secara perlahan, tanah tempat pembusukan tersebut menjadi sangat subur. Tanah inilah yang dikenal sebagai humus. Kamu juga bisa membuatnya dengan mudah dengan menggunakan limbah makanan rumah tangga atau hasil pemangkasan tanaman.

Penggunaan humus sangatlah mudah, kamu bisa mencampurkan humus dengan media tanam atau menutupi permukaan tanah.

Pupuk kandang


Pemula di perkebunan pun sudah sangat paham dengan pupuk kandang merupakan jenis pupuk organik terbaik. Harga pupuk jenis ini pun sangat murah dan mudah penggunaanya sangat cocok untuk kamu yang pemula.

Jenis pupuk organik terbaik ini mempunyai kandungan fosfor, nitrogen, kalium, magnesium, belerang, kalsium, besi, natrium, molibdenum, dan tembaga. Tanah bisa sangat subur dengan pupuk ini. Apalagi, unsur hara yang tinggi sangat bagus untuk makanan tanaman sehari-hari.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Pupuk Padat Terbaik Untuk Tanaman Hias

Pupuk hayati


Kamu yang lebih suka menggunakan pupuk cair bisa menggunakan pupuk hayati.
Sebenarnya, pupuk hayati bukanlah jenis pupuk organik karena menggunakan mikroorganisme hidup untuk membuat tanah subur dan kaya nutrisi. Selain itu, pupuk hayati bisa menahan parasit merugikan hidup di dalam tanah.

Pupuk organik cair


Sesuai dengan namanya, jenis pupuk ini berbentuk cair. Ini disebabkan bahan baku utama pupuk ini adalah urin dari hewan ternak atau fermentasi bahan organik-organik yang direndam menjadi pupuk cair.

Harga pupuk ini sangat terjangkau seperti pupuk kandang dan penggunaanya cukup mudah. Kamu bisa menggunakan pupuk ini di tanah sekitar tanaman atau menyemprot di daun.

Pupuk serasah


Terakhir, kamu bisa menggunakan pupuk serasah sebagai jenis pupuk organik terbaik. Pupuk ini berasal dari jerami kering, bonggol jagung, dan rumput aritan. Fungsi utama pupuk ini menjaga air tanah tidak menguap dan tanah menjadi lembab.Selain menyuburkan tanah, tanaman kamu bisa lebih aman dari penyakit yang berasal dari air hujan.

Penggunaan pupuk serasah sangatlah mudah. Kamu cukup menutupi tanah dengan pupuk ini. Berawal dari sana, pupuk serasah lebih dikenal dengan pupuk penutup tanah.

Itulah 6 jenis pupuk organik terbaik yang cocok untuk pemula di perkebunan. Kamu bisa memilih salah satunya yang cocok dengan kamu. Penggunaan pupuk ini sangatlah aman untuk pemula karena tidak mengakibatkan kerusakan. -Dan

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here