Home Populer Jenis Tanaman Hias Termahal yang Pernah Terjual, Ada yang Mencapai 550 Juta!

Jenis Tanaman Hias Termahal yang Pernah Terjual, Ada yang Mencapai 550 Juta!

jenis tanaman hias termahal

Agrozine.id – Adanya pandemi Covid-19 yang sedang melanda saat ini tidak hanya dirasakan oleh Indonesia, melainkan seluruh dunia. Banyak orang di berbagai belahan dunia tidak dapat bebas beraktivitas. Sehingga kegiatan baru seperti menanam tanaman hias di rumah menjadi satu kegiatan yang digeluti. Hal tersebut berdampak harga tanaman hias meroket. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman hias termahal yang pernah terjual, ada apa saja?

Beragam jenis tanaman hias menjadi populer, salah satunya yaitu jenis Aroid. Tanaman hias yang berasal dari keluarga Araceae ini memiliki keunikan pada daunnya sehingga membuat harganya pun cukup mahal.

Berikut ini adalah jenis tanaman hias termahal yang pernah terjual:

  1. Monstera adansonii variegata

Tanaman satu ini berbeda dengan jenis tanaman Monstera lainnya karena memiliki lubang yang hanya terdapat di bagian permukaan tengahnya. Variegasi pada daunnya inilah yang membuat tanaman hias ini memiliki harga yang sangat mahal. Dilaporkan baru-baru ini telah terjual Monstera adansonii variegata di eBay seharga lebih dari $38.000 atau sekitar Rp 550 juta.

Harga fantastis tersebut tidak berlaku untuk jenis Monstera lainnya seperti Monstera deliciosa. Mengapa harga Monstera adansonii variegata begitu mahal? hal itu karena varietas ini daun yang hampir sepenuhnya berlubang dan warna daunnya yang memiliki varigasi putih.

  1. Philodendron joepii

Tidak seperti jenis Philodendron lainnya yang memiliki bentuk daun menyerupai hati, jenis Philodendron joepii ini memiliki bentuk daun yang aneh. Hal inilah yang membuat tanaman hias satu ini memiliki harga yang fantastis.

Philodendron joepii ditemukan di Guyana Prancis Timur oleh seorang bernama Joep Moonen pada tahun 1991. Karena keunikannya, tak heran jika jenis Philodendron yang satu ini sempat terjual dengan harga mencapai $4.030 atau sekitar Rp 58 juta.

Baca juga: Mengenal Philodendron Joepii, Perawatan dan Harganya
  1. Monstera obliqua ‘Peru’

Tanaman hias yang satu ini berasal dari Peru. Monstera obliqua ‘Peru’ kerap disamakan dengan Monstera adansonii, padahal keduanya berbeda.

Monstera obliqua ‘Peru’ ini tumbuh merambat dan memiliki daun yang sangat tipis seperti kertas. Selain itu, lubang pada daunnya tidak sehalus Monstera adansonii dan permukaanya bertekstur lebih kasar dan berkerut. Harga Monstera obliqua ‘Peru’ berkisar $6.500 atau Rp 95 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari besar dan jumlah daunnya.

  1. Monstera deliciosa albo variegata

Tanaman hias dengan daun besar dengan corak putih ini sering disebut juga dengan borsigiana. Tanaman dengan variegasi putih cenderung menghasilkan lebih sedikit klorofil, sehingga pertumbuhannya pun lambat dan membutuhkan ketrampilan khusus.

Hal itulah yang membuat Monstera deliciosa albo variegata permintaan dan harganya sangat tinggi. Baru-baru ini di sebuah situs lelang tanaman online, Monstera deliciosa albo variegata telah terjual hampir $4.900 atau sekitar Rp 70 juta.

  1. Philodendron subincisum

Philodendron subincisum ditemukan di dekat Veracruz di wilayah Poza Rica, Meksiko pada ketinggian kurang dari 500mdpl. Philodendron ini tumbuh merambat dan memiliki daun yang mengkilap. Pada bagian tepi daunnya bergerigi. Daunnya berwarna dominan hijau dengan corak warna kuning-kehijauan yang menyebar di permukaan.

Harga Philodendron subincisum berkisar $ 10.000 hingga $ 20.000 atau sekitar Rp 140 juta hingga Rp 290 juta rupiah. Harga tersebut jauh lebih mahal jika dibandingan dengan Philodendron subincisum yang memiliki daun warna hijau.

  1. Philodendron luxurians ‘Choco’

jenis tanaman hias termahalMeski namanya Philodendron luxurians ‘Choco’, jenis tanaman hias ini tidak benar-benar berwarna cokelat. Philodendron ini terlihat mewah  dengan daunnya yang berwarna hijau tua yang beludru, urat daun berwarna putih. Menariknya, bentuk daunnya menyerupai hati.

Tanaman hias Philodendron luxurians ‘Choco’ cocok sebagai hadiah Valentine yang tidak menyebabkan gigi berlubang atau kelebihan kalori. Namun, kamu harus menyiapkan kocek seharga $800 atau sekitar 12 juta. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya?

  1. Philodendron spiritus-sancti

Jenis Philodendron spiritus-sancti ini pertama kali dikenalkan pada tahun 1987 oleh George Bunting. Philodendron ini sangat langka dan hanya ditemukan di Brasil di negara bagian Espirito Santo dekat kota Domingos Martins. Spesies ini ditemukan pada ketinggian sekitar 800 mdpl.

Karena terbilang langka, harga tanaman hias jenis Philodendron atau sering disebut dengan “spirit of the Holy Ghost’ pernah terjual di situs eBay mencapai $9.600 atau sekitar Rp 140 juta.

Baca juga: Mengenal Philodendron Spiritus Sancti dan Harganya
  1. Philodendron patriciae

jenis tanaman hias termahalTanaman ini berasal dari hutan hujan Kolombia. Nama jenis Philodendron ini diambil dari nama istri seorang ahli Botani yang menemukan jenis Philodendron patriciae. Jenis tanaman Philodendron ini memiliki daun berukuran panjang dan besar seperti dayung yang menggantung vertikal. Daun yang memanjang ini memiliki vena sentral yang menonjol.

Harga Philodendron patriciae yaitu mulai dari $1040 atau setara dengan Rp 15 juta rupiah. Harga tersebut tergantung dari besar dan jumlah daunnya.

 

Nah, itulah dia 8 jenis tanaman hias termahal yang pernah terjual. Harganya dari belasan juta hingga ratusan juta rupiah. Harga yang sangat fantastic untuk sebuah tanaman hias. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satunya? (ran)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here