Home Perikanan Jenis Tanaman yang Hidup tanpa Tambahan CO2 untuk Aquaspace

Jenis Tanaman yang Hidup tanpa Tambahan CO2 untuk Aquaspace

Pada hobi aquascape kebutuhan CO2 sangatlah penting untuk menjadikan tanaman di dalamnya lebih indah dipandang mata. Meski begitu, sebagian kalangan yang merasakan tidak perlu tambahan CO2 entah itu alasan ekonomi atau malas report menambahkan tabung karbondioksida karena memerlukan penanganan tersendiri saat sistem itu rusak.

Entah apa pun itu alasannya, ternyata pada dasarnya tanaman bisa hidup di dalam aquascape yang tidak menambahkan CO2. Berikut ini jenis tanaman yang bisa hidup tanpa CO2.

Moss
Tanaman yang berjenis lumut ini memang sangat tangguh di berbagai kondisi yang ada. Bahkan, tipe java moss bisa hidup di berbagai karakter air yang kian hias bisa hidup. Buat kamu yang bosan, kamu bisa menggunakan peacock moss sebagai ganti java moss. Tanaman ini akan tumbuh berkembang seperti sayap belakang burung merak. Selain itu, ada juga tipe christmas moss yang menyerupai bentuk pohon natal, segitiga mengerucut di ujung.

Anubias


Meski lebih mahal daripada tanaman jenis lain yang mampu bertahan tanpa injeksi karbondioksida, Anubias menjadi pilihan yang menarik. Penampilannya sangat berbeda karena seperti pohon ubi. Kamu harus menjauhkannya dari sumber cahaya secara langsung karena tanaman ini membutuhkan cahaya yang sangat sedikit.

Bila berada di area yang terkena langsung sinar lampu, tanaman akan kecoklatan secara perlahan. Ternyata, tanaman jenis ini bisa tumbuh bung loh.

Lilaeopsis
Ini merupakan tanaman karpet yang menutupi dasar permukaan aquascape atau bottom cover. Bentuknya seperti rumput dengan daun yang panjang dan tipis. Ikan ikan kecil sering menjadikan tanaman ini sebagai tempat perlindungan atau tempat mereka menaruh telur.

Java vern


Tanaman jenis ini sangat bagus bagi pemula yang tidak ingin menggunakan CO2. Mereka tidak memerlukan perawatan khusus dan bisa hidup di berbagai kondisi lingkungan. Tanaman ini mempunyai ciri yang cukup menarik. Daun java vern mempunyai tekstur yang cukup terasa bila disentuh dan terlihat menonjol.

Tanaman ini mampu tumbuh setinggi 35 cm dan lebar 15 cm. Bentuk daunnya panjang dan lancip di ujung dan pangkal tidak terlalu lebar.Meski awalnya tumbuh sangat lambat, tanaman ini akan menyebar bila sudah semakin tua.

Untuk penanamannya, kamu harus meningkatkan ke batu dan biarkan akar tumbuh dengan sendirinya. Selain itu, kamu bisa membiarkannya begitu saja mengapung hingga secara alami menempel pada permukaan hardscape yang kamu punya.

Itulah tiga jenis tanaman yang hidup tanpa tambahan CO2. Meski begitu, kamu bisa menjaga mereka pada suhu air maksimal 28 agar pertumbuhan mereka tetap terjaga dan segar. Tentu, kamu bisa menambahkan pupuk cair paling banyak sebulan sekali satu pump untuk akuarium kecil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here