Home Biodiversitas Kambing Etawa, Susunya OK Banget, Dagingnya Juga OK

Kambing Etawa, Susunya OK Banget, Dagingnya Juga OK

lendah.kulonprogokab.go.id

Agrozine – Kambing etawa merupakan hewan ternak anugerah dari Tuhan untuk manusia yang patut disyukuri karena manfaatnya yang besar. Jenis kambing ini paling populer di masyarakat Asia Tenggara sebagai penghasil susu yang produktif. Selain rasanya yang lezat, daging dan susu kambing ini juga berkhasiat bagi kesehatan manusia. Kambing jenis ini berasal dari salah satu wilayah di Jamnapari, India. Oleh karena itu, kambing ini juga disebut kambing jamnapari.

Tinggi kambing jantan berkisar antara 90 cm hingga 127 cm dan yang betinanya hanya mencapai 92 cm. Bobot jantan bisa mencapai 91 kg, sedangkan betina hanya mencapai 63 kg. Telinganya panjang dan terkulai ke bawah. Dahi dan hidungnya cembung. Baik jantan maupun betina bertanduk pendek. Bulu di bagian pahanya panjang.

Kambing bongsor ini mampu menghasilkan susu hingga tiga liter per hari. Kambing betinanya memiliki puting cukup panjang dan bisa menghasilkan susu hingga 235 kg dengan masa laktasi 261 hari. Di masa puncak laktasi, jumlah susu yang dihasilkan bisa mencapai 3,8 kilogram seharinya. Produksi susu yang melimpah inilah yang menarik peternak kambing membudidayakannya.

Kemampuan kambing ini yang mampu beradaptasi dengan lingkungan ekstrim juga menjadi keunggulan kambing ini. Guna mendapatkan hasil yang lebih baik, para peternak di Indonesia kerap mengawinkan kambing lokal dengan etawa. Keturunan silangan (hibrida) kambing ini dikenal sebagai kambing “peranakan etawa” atau “PE”. Kambing PE berukuran hampir sama dengan etawa, tetapi lebih bisa beradaptasi terhadap lingkungan lokal Indonesia.

Jika kamu rutin mengonsumsi daging maupun susu kambing ini, ada manfaat kesehatan yang bisa didapat. Berikut manfaat mengonsumsi daging dan susu kambing etawa:

Baik untuk Pencernaan

Gelembung-gelembung lemak yang terdapat pada susu kambing ini dapat memecahkan diri menjadi bagian yang lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi. Hal ini bermanfaat untuk mempermudah pencernaan dan penyerapan makanan oleh tubuh. Bagi orang yang menderita masalah gangguan pencernaan yang disebabkan oleh inflamasi, susu kambing ini sangat baik dikonsumsi.

Susu ini juga memiliki kemampuan untuk menenangkan saluran pencernaan. Penelitian dan studi yang dilakukan pada susu kambing etawa menyimpulkan bahwa susu kambing ini berhubungan erat dengan peningkatan kemampuan untuk menyerap zat besi dan tembaga, terutama pada orang yang memiliki gangguan pencernaan.

Aman dari Alergi

Alergi pada susu sapi dipicu oleh penumpukan lendir akibat kandungan lemak yang tinggi dalam susu sapi. Gelembung-gelembung lemak yang terdapat dalam susu kambing ini hanya sepersembilan dari lemak yang ada dalam susu sapi. Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsi susu kambing ini, jangan khawatir karena aman dari alergi.

Meningkatkan Semangat dan vitalitas

Kambing dikenal sebagai hewan sodium bio-organik karena berkhasiat untuk meningkatkan semangat, fleksibilitas, dan vitalitas bagi orang yang gemar mengkonsumsi susu kambing. Sodium bio-organik merupakan elemen yang menjaga persendian tetap lentur dan sehat. Selain itu, susu kambing etawa juga banyak digunakan sebagai obat untuk memelihara dan regenerasi sistem saraf.

Obat Penyakit TBC dan Asma

Susu kambing etawa dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit TBC dan Asma karena mengandung flourin dan betakasein. Susu kambing etawa bermanfaat bagi orang yang memiliki masalah dengan pernapasan.

Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Susu kambing etawa berguna sebagai gizi tambahan bagi ibu hamil dan akan menyehatkan janin juga. Sedangkan bagi ibu yang menyusui, susu kambing etawa baik untuk memperlancar ASI.

Merawat Kebugaran Kulit dan Tulang

Kandungan vitamin B12 yang cukup tinggi dalam daging kambing bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Daging kambing juga mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Memperkuat Imunitas
Daging kambing mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan daging kambing ini cukup baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit.

Mengatasi Nyeri Haid

Daging kambing etawa bisa mengatasi rasa nyeri haid saat datang bulan. Nyeri ini bisa disebabkan kandungan zat besi dalam tubuh yang berkurang. Mengonsumsi daging kambing yang kaya zat besi bisa membantu meredakan nyeri haid ini.

Demikianlah pengenalan tentang kambing etawa yang istimewa. Semoga bermanfaat dan bisa memotivasi kamu untuk ikut mengembangkan dan melestarikannya. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini :

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here