Home Populer Pohon Berbunga Putih Tingkatkan Keanekaragaman Kumbang di Hutan Tropis

Pohon Berbunga Putih Tingkatkan Keanekaragaman Kumbang di Hutan Tropis

Agrozine.id – Keberadaan hutan hujan dan berbagai spesies pohon di dalamnya mendukung keanekaragaman jenis makhluk hidup lainnya yang menjadikan hutan dan pohon sebagai habitatnya, termasuk kumbang. Keanekaragaman kumbang di hutan tropis dipengaruhi oleh berbagai vegetasi di dalamnya termasuk pohon berbunga. Penelitian yang dilakukan oleh Susan Kirmse menunjukkan bahwa pohon berbunga memiliki peran penting dalam memelihara keanekaragaman hayati dan kumbang termasuk salah satu hewan penyerbuk pohon berbunga, sehingga terbentuklah simbiosis mutualisme (saling menguntungkan) antara kedua maklhluk hidup tersebut.

Penelitian yang dilakukan di hutan Amazon di Venezuela mengumpulkan total 6698 kumbang dewasa yang terdiri dari 859 spesies  dikumpulkan dari 45 pohon dari 23 spesies yang berbeda. Hampir 75 persen kumbang yang ditemukan pada pohon berbunga dan hampir 60 persen kumbang ditemukan di pohon berbunga putih kecil.

Melalui penelitian ini menunjukkan bahwa pohon berbunga kemungkinan merupakan salah satu pendorong terpenting untuk mempertahankan keanekaragaman kumbang yang tinggi di hutan hujan.

Baca Juga : Hotspot Keanekaragaman Hayati Tropis : Lingkungan Ekstrim Berpotensi Munculkan Spesies Baru

Hutan hujan tropis adalah jantung dari keanekaragaman hayati bumi. Hutan hujan tropis menampung setidaknya 65-75 persen dari semua spesies darat, termasuk pohon dan serangga yang paling banyak.

Antara satu spesies dengan spesies lainnya memiliki hubungan erat dalam ekologi hutan. Kumbang dan pohon berbunga memiliki hubungan simbiosis karena kumbang terlibat dalam penyerbukan pohon.

Pohon berbunga memainkan peran penting sebagai hotspot keanekaragaman di kanopi hutan hujan tropis. Pohon berbunga biasanya akan mengundang lebih banyak serangga yang hinggap termasuk kumbang.

Baca Juga : Pembangunan Taman Kehati Sebagai Upaya Pelestarian Tumbuhan dan Satwa

Banyak spesies kumbang yang hanya ditemukan di pohon dengan jenis  tertentu. Pohon yang memiliki struktur bunga lebih sederhana lebih mudah diakses kumbang untuk mencari makanan atau untuk bertelur.

Untuk meminimalisisai penurunan cepat keanekaragaman kumbang di hutan tropis dan keanekaragaman kumbang di seluruh dunia, peneliti dan konservasionis harus memahami hubungan ekologis antara serangga dan tanaman pakannya. Dibutuhkan penelitian jangka panjang untuk mengetahui hal ini dan dibutuhkan data yang lebih banyak dan lengkap untuk mempelajari hubungan erat antara tanaman dan serangga. Hubungan timbal balik antara pohon berbunga putih dan keanekaragaman kumbang salah satu yang sudah dipelajari dalam waktu lama oleh para peneliti untuk memahami peran masing-masing spesies dalam keanekaragaman hayati. (ira)

 

Tonton video menarik ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here