Home Kampus Kebun Buah ITERA Jadi Pilot Project Agroeduwisata Kementan

Kebun Buah ITERA Jadi Pilot Project Agroeduwisata Kementan

Agrozine.id – Kebun Buah ITERA yang masih dalam tahap pengembangan saat ini direncanakan akan menjadi pilot project (percontohan) pengembangan agroeduwisata oleh Kementan (Kementerian Pertanian) RI. Pengembangan kebun buah tersebut dibicarakan pada saat pertemuan tim Kementan dengan kampus ITERA pada Sabtu 6 Maret 2021.

Dalam pertemuan tersebut hadir Ir Bambang Sugiharto, MEngSc selaku Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Kementan RI dan kunjungan tersebut diterima dengan baik oleh Kepala Biro Umum dan Akademik ITERA,  drh Sri Sulistiawati MM, dan tim Kebun Buah serta Kebun Raya ITERA.

Ir Bambang Sugiharto menyampaikan bahwa dalam pertemuan selanjutnya akan dibahas mengenai teknis pengembangan dan langkah tindak lanjut Kementan untuk mendukung pengembangan kebun buah ITERA ini. Dalam waktu yang sama, ia juga menyampaikan bahwa timnya mengapresiasi pengembangan kebun buah yang dikembangkan di ITERA tersebut.

” Kami sangat mengapresiasi rencana pembangunan kebun buah ITERA sebab tidak hanya mendukung program riset, tetapi mendukung program pengolahan produk buah yang sudah ada untuk dikembangkan menjadi produk baru seperti jambu biji yang bisa diolah menjadi produk seperti jus”, jelas Bambang.

Baca Juga: Inovasi Dosen Pertanian Unila, Kopi Wine Robusta

Selain mendukung program riset, pembangunan kebun buah ITERA juga didukung oleh Kementan untuk dijadikan sebagai Agroeduwisata yaitu memberikan edukasi kepada masyarakat tentang perkebunan buah dan menjadi sentra buah nusantara.

Sementara itu, dalam waktu yang sama disampaikan juga oleh pihak Kementan bahwa kebun buah seluas 10 hektar yang sedang dikembangkan di ITERA tersebut juga kedepannya akan dijadikan sebagai percontohan dan kampus percontohan yang mengembangkan Agroeduwisata.

Baca Juga: Mahasiswa Polbangtan Gowa Ikut Dukung Program Kementan

“Kami berharap ITERA dapat mengembangkan pertanian yang ramah lingkungan dengan menggunakan pupuk organik dan mengurangi penggunaan pestisida. Kebun buah ini dapat menggaungkan ITERA sebagai kampus ramah lingkungan di pulau Sumatera”, ujar Agung Sanusi.

Dalam kesempatan tersebut tim pengembangan kebun buah ITERA yang akan dijadikan sebagai pilot project Agroeduwisata Kementan ini juga menyampaikan bahwa pembangunan kebun buah ini bukan saja hanya sebagai dukungan untuk forest campus tetapi juga akan digunakan sebagai laboratorium lapangan bagi mahasiswa dan dosen ITERA untuk melakukan kegiatan praktikum maupun penelitian dari berbagai program studi. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here