Home Biodiversitas Kelelawar Putih Honduras yang Lucu dan Menggemaskan

Kelelawar Putih Honduras yang Lucu dan Menggemaskan

www.animalspot.net

Agrozine – Sekilas, hewan ini terlihat seperti boneka mungil berbulu lembut yang lucu. Inilah kelelawar putih honduras yang disebut juga kelelawar pembuat tenda putih Karibia. Kelelawar bernama ilmiah Ectophylla alba adalah spesies dalam keluarga Phyllostomatidae. Spesies ini adalah satu-satunya anggota dari genus Ectophylla.

Berbeda dari kelelawar pada umumnya yang terkesan menyeramkan, penampilan kelelawar putih honduras terkesan lucu dan sangat unik.  Kelelawar putih disebut sebagai kelelawar pembuat tenda karena memiliki kebiasaan membalikkan daun Heliconia, lalu menjadikan bagian bawahnya sebagai sarang.

Bulunya putih bersih dan berukuran mungil, hanya sebesar telapak tangan. Tiap ujung rambut kelelawar putih ini mempunyai corak abu-abu, yang tampak lebih pekat pada area belakang badan. Rambutnya yang putih membantu memantulkan warna hijau dari sarang mereka sehingga mempermudah hewan ini untuk bersembunyi.

Kelelawar ini memiliki hidung unik dengan ukuran cukup besar. Warnanya oranye terang kekuningan, seperti warna bibir dan juga daun telinganya. Pigmentasi ini sebagian besar disebabkan oleh konsentrasi karotenoid. Jumlah senyawa itu lebih besar dibandingkan spesies mamalia lainnya. Spesies kelelawar jantan dan betina juga bisa kita identifikasi dari pigmentasi ini. Menurut penelitan, warna kuning pada hidung pejantan biasanya lebih cerah daripada spesies betina.

Panjang kepala dan tubuh kelelawar ini rata-rata 37-47 mm dengan panjang lengan bawahnya 27,8-29,3 mm.  Bobotnya hanya berkisar 5-6 gram saja. Hewan ini tidak memiliki ekor, tetapi memiliki telinga relatif besar dan bulat berukuran antara 10-15 mm. Gigi-gigi kecilnya berjumlah 28 buah.

Kelelawar putih pembuat tenda ini merupakan satu dari empat spesies kelelawar berhidung daun yang endemik di Amerika Tengah dan Selatan. Selain Honduras, mereka dapat ditemui di negara-negara Amerika Tengah, seperti Panama, Costa Rica, dan Nikaragua. Habitatnya berada di kawasan berketinggian rendah sampai dengan 700 meter di atas permukaan laut. Kelelawar ini lebih menyukai area hutan basah dan hutan sekunder. Mereka tinggal di kawasan hutan terbuka yang banyak disinari cahaya matahari. Daun Heliconia imbricata, H. latispatha, H. pogonantha, sampai H.  tortuosa adalah tempat bernaungnya.

Mereka menyukai habitat yang terbuka, meskipun membutuhkan kanopi hutan sebagai tempat naungan. Pepohonan rimbun mampu melindungi sarang kelelawar ini dari terpaan hujan dan angin. Sebagai upaya konservasi, beberapa hutan di Kosta Rika pemerintah jadikan sebagai hutan lindung. Ini berguna untuk menjaga flora dan fauna endemik langka di wilayah tersebut.

Kelelawar jantan memiliki kebiasaan poligami. Seekor kelelawar jantan dapat kawin dengan enam ekor kelelawar betina. Walaupun ukurannya kecil, umur hewan ini dapat mencapai 20 tahun.

Namun, batang tanaman heliconia tidak kuat. Jadi, ketika predator mendekati mereka, tenda mereka akan bergoyang dan memberikan peringatan bagi kelelawar Honduras untuk pergi dari bahaya.

Kelelawar putih honduras tidur terbalik dengan cara memegang batang daun dengan cakar kakinya. Mereka terlelap sepanjang siang hari dan bangun di malam hari untuk mencari buah dan tanaman.

Kelelawar  pemakan buah ini kisaran teritorinya hanya berkisar 63,2 hektare. Mereka tidak akan membangun rumah baru atau mencari makan di luar wilayah tersebut. Sempitnya distribusi dan habitat spesies kelelawar ini membuat populasinya makin menipis. Perusakan hutan hujan tropis menjadi ancaman serius bagi hewan mamalia ini. Kelelawar ini sulit beradaptasi di wilayah baru, bahkan cenderung akan mati. Di sisi lain, jenis makanan yang dikonsumsinya juga sangat terbatas. Populasinya makin menurun akibat kehilangan habitat dan sumber makanan. Oleh karena itu, status konservasi kelelawar putih honduras kini mendekati terancam punah.

Demikianlah informasi tentang kelelawar putih honduras. Semoga bermanfaat, selamat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here