Home Pertanian Kementan Bekerjasama dengan FAO Perkuat Pangan Nasional

Kementan Bekerjasama dengan FAO Perkuat Pangan Nasional

Sumber foto: www.youtube.com/@TVTani

Agrozine – Langkah Kementerian Pertanian Republik Indonesia untuk memperkuat pangan nasional terus dimantapkan. Bahkan, bukan hanya memperkuat pangan nasional, tetapi juga pangan regional. Hal ini dibuktikan dengan terjalinnya kerjasama Kementan RI dengan lembaga pangan dunia, Food Agriculture Organisation (FAO). Seperti yang dikabarkan dalam channel Youtube TV Tani – Kementan RI, Menteri Pertanian Amran Sulaiman melakukan pertemuan dengan perwakilan regional Food and Agriculture Organization (FAO) untuk wilayah Indonesia dan Timor Leste, Mr. Rajendra Aryal di Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta, pada Selasa 28 November 2023.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan akan terus berkomitmen meningkatkan pasokan pangan nasional untuk memperkuat ketahanan pangan regional dan meningkatkan lahan-lahan Rawa mineral yang ada di seluruh Indonesia. Menurut Mentan, langkah tersebut perlu dilakukan agar ke depan produktivitas pangan nasional mengalami peningkatan tinggi sehingga Indonesia mampu menekan kebijakan impor dan mengendalikan keadaan menjadi Swasembada.

Mentan Amran menyampaikan bahwa saat ini Kementan fokus untuk meningkatkan produksi padi, jagung karena tahun ini kita import, mudah-mudahan tahun depan produksi bisa meningkat, dan 2 – 3 tahun ke depan sudah bisa swasembada kembali. Mentan Amran sudah meminta bantuan ke Mr. Rajendra (FAO) untuk dibantu tenaga ahli dari Bangkok yang ahli untuk daerah wetland. Berikutnya, mereka akan mengadakan pertemuan di Sri Lanka bulan Februari 2024.

Amran menambahkan penguatan pangan juga terus dilakukan di kawasan regional melalui pendampingan petani di Timur Leste. Di sana pemerintah akan memberi pelatihan bagaimana cara menanam yang baik agar produksi yang dilakukan dapat mengalami peningkatan.

Perwakilan FAO untuk Indonesia dan Timur Leste, Rajendra Aryal menyampaikan terima kasih atas perhatian jajaran Kementan terhadap perluasan dan peningkatan pangan dalam memperkuat kawasan regional. Ia menegaskan, FAO siap mendukung pendampingan petani regional dengan menerjunkan para ahli agar ke depan sektor pertanian menjadi lebih kuat dan memberi manfaat yang besar bagi masyarakat luas.

Rajendra mengatakan, FAO dan Kementerian Pertanian telah bekerja sama selama beberapa dekade dan mereka sangat berkomitmen untuk berkolaborasi dan bekerja sama. Jadi, ia melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertanian RI dan mereka berbicara tentang berbagai hal, khususnya padi lahan basah dan juga konferensi regional FAO Asia Pasifik yang akan diadakan di Sri Lanka Kolombo tahun depan, ditambah juga isu-isu lain, seperti Kerja Sama Segitiga Selatan Selatan dan hal-hal penting lainnya.

Demikianlah informasi tentang kerjasama antara Kementrian Pertanian RI dan FAO untuk memperkuat pangan nasional dan regional. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini: 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here