Home Kampus Kementan dan Komisi IV DPR Dukung Pembangunan Kebun Buah ITERA

Kementan dan Komisi IV DPR Dukung Pembangunan Kebun Buah ITERA

Agrozine.id – Pada hari Kamis 4 Maret 2021, tim Kementerian Pertanian (Kementan) yang diwakilkan oleh Dirjen Hortikultura, Dr Prihasto dan jajaran meninjau lokasi pembangunan kebun buah ITERA. Dalam hal ini, Komisi IV DPR RI yang membawahi bidang pertanian, perikanan, peternakan, kehutanan, maritim dan pangan berkomitmen akan mendukung pembangunan kebun buah tersebut.

Kebun Buah ITERA sedang dalam proses pembangunan diatas lahan seluas 10 hektar di lingkungan kampus dan saat ini telah ditanami berbagai jenis pohon buah mulai dari jambu, mangga, kelengkeng, pisang, nanas, durian, jeruk dan buah naga. Dan untuk tahap kedua penanaman akan diisi dengan tanaman buah lainnya seperti anggur, pepaya, kelengkeng dan buah lainnya.

Kunjungan Kementan dan Komisi IV DPR RI ini diterima langsung oleh Rektor ITERA Prof Ir Ofyar Z Tamin, MSc PhD IPU yang didampingi oleh Kepala Biro Umum dan Akademik drh Sri Sulistiawati MM dan tim kebun buah ITERA. Dalam kesempatan tersebut, Rektor ITERA menyampaikan terima kasih kepada Kementan dan Komisi IV DPR RI yang mendukung pembangunan kebun buah tersebut.

Pembangunan kebun buah tersebut nantinya akan memiliki tiga tujuan utama yaitu sebagai laboratorium alam tempat mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi seperti Prodi Teknologi Pangan, Rekayasa Kehutanan, Teknik Biosistem, Teknik Industri Pertanian dalam melaksanakan praktikum lapangan, sebagai pendukung program penghijauan kampus dan menjadi lokasi agrowisata untuk masyarakat.

Baca Juga: Smart Green House Polbangtan Yoma Segera Dibangun untuk Tingkatkan 
Kualitas SDM Pertanian

“Di kebun buah ini nantinya akan banyak mahasiswa dan dosen dari berbagai program studi yang melakukan riset yang diharapkan dapat mendukung perkembangan keilmuan dan teknologi di bidang pertanian dan perkebunan”, jelas rektor ITERA.

Selain Kementan, Komisi IV DPR RI juga akan melibatkan pihak lain dalam mendukung pembangunan kebun buah ITERA ini yaitu dengan melibatkan lembaga lain seperti PT Pupuk Sriwijaya, Dinas Pertanian Provinsi Lampung, BPPT Lampung dan BPDAS HL Way Seputih Sekampung Lampung.

Baca Juga: Pertumbuhan dan Produksi Ubi Jalar Klon Ase Kapas dengan Berbagai 
Dosis Pupuk Fosfor

Ketua Komisi IV DPR RI,Sudin, SE mengatakan dengan adanya kebun buah ITERA ini selain menghijaukan kampus juga akan menghasilkan buah sehingga lebih bermanfaat. Selain mendukung pembangunan kebun buah, pihak Komisi IV DPR RI juga akan memberikan bibit ikan yang akan ditabur di embung yang ada di kampus.

Selain memberikan bantuan bibit, Kementan juga akan memberikan bantuan lain dalam mendukung pembangunan kebun buah ITERA ini. Bantuan tersebut berupa sarana prasana pendukung pembangunan kebun buah termasuk saluran irigasi untuk mengontrol pengairan di lokasi kebun buah. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here