Home Kampus Kementan Launching Smart Green House di Polbangtan Bogor

Kementan Launching Smart Green House di Polbangtan Bogor

Agrozine.id – Untuk mendapatkan SDM terbaik, kualitas lulusan vokasi pertanian harus ditingkatkan. Maka salah satu cara yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian untuk menghadirkan SDM pertanian yang berkualitas adalah dengan mendukung kebijakan pembangunan pertanian berbasis food security atau ketahanan pangan. Oleh karena itu, Kementan membangun Smart Green House di Polbangtan Bogor.

Smart Green House ini adalah hasil kolaborasi antara Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) dengan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) yang dalam hal ini dilakukan oleh Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan).

Dalam hal ini kedua lembaga tersebut berkomitmen dalam mencetak job seeker maupun job creator yang mandiri, modern dan profesional dan berdaya saing di era industri 4.0. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa untuk mencapai kemampuan teknis dan manajerial di bidang pertanian, maka metode pembelajaran pendidikan vokasi perlu melakukan pendekatan teaching factory (TEFA).

Dalam menerapkan sistem pembelajaran yang dikembangkan dalam pendidikan vokasi dikembangkan semirip mungkin dengan dunia kerja dan dunia industri (DuDi). “Hal itu sudah menjadi keharusan mengingat tuntutan kemajuan pertanian yang maju, mandiri dan modern perlu didukung dengan SDM yang mampu mengelola usaha pertanian berbasis teknologi”, tutur Menteri Pertanian.

Baca Juga: Perbedaan Monstera dan Philodendron, Serupa Tapi Tak Sama

Ditegaskan oleh Syahrul Yasin Limpro bahwa salah satu kemajuan teknologi pertanian adalah Smart Green House (SGH) yang menjadi sistem pertanian modern dengan memanfaatkan teknologi.

“Teknologi yang diterapkan di SGH ini dapat mengatus dan memantau kelembaban tanah serta suhu udara pada green house serta dapat juga dimonitor melalui smartphone”, jelasnya.

Melalui diluncurkannya Smart Green House ini, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi berharap dapat menghadirkan SDM pertanian yang bisa membantu menyiapkan kebutuhan pangan 267 juta jiwa penduduk Indonesia.

Baca Juga: Polbangtan YOMA Gelar Pelatihan Pengubinan Komoditas Hortikultura di Sleman

“Saat ini kita berbicara mengenai peningkatan produktivitas untuk menjaga ketahanan pangan dan pengungkit utama dalam peningkatan produktivitas itu adalah SDM. Oleh karena itu, kualitas SDM pertanian terus kita tingkatkan. Salah satunya melalui Smart Green House di Polbangtan Bogor ini”, ujar Dedi Nursyamsi.

Selain itu, Kementan juga sedang berupaya untuk meningkatkan ekspor serta kesejahteraan petani sehingg dibutuhkan SDM yang berdaya saing untuk mewujudkannya SDM pertanian tersebut salah satunya dapat ditempah di sekolah vokasi pertanian.

Pemerintah tengah fokus pada pelaksanaan program pendidikan vokasi sebagai salah satu langkah untuk mendorong lahirnya SDM yang tidak hanya menguasai teori, tapi juga mampu menerapkan ilmunya di lapangan.

“Dalam pelaksanaannya, pendidikan vokasi menerapkan 70 persen praktikum dan 30 persen teori, serta diterapkan juga sistem link dan match antara pendidikan vokasi dengan dunia industri”, ujarnya.

Peluncuran Smart Green House di Polbangtan Bogor ini merupakan salah satu dari 7 sekolah pendidikan vokasi pertanian di Indonesia. (ira)

Tonton video menari ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here