Home Pertanian Kementan Siapkan SDM Pertanian Melalui Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S)

Kementan Siapkan SDM Pertanian Melalui Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S)

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya

Agrozine.id – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) terus meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM di bidang pertanian, salah satunya melalui program yang ada di Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S).

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok.

Baca juga: Aku Petani Indonesia: Gerakan Regenerasi Penerus Pertanian Indonesia

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan P4S berperan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap positif petani terhadap perkembangan teknologi yang berorientasi agribisnis dan berbasis kearifan lokal.

“P4S terbuka terhadap siapa saja yang ingin berlatih maupun magang untuk berusaha tani. Termasuk untuk menggaet kalangan milenial supaya terjun ke dunia pertanian,” katanya, dikutip dari beritasatu (27/12).

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya

Dedi menilai peran P4S sangat strategis. Sehingga pemerintah mendorong penumbuhkembangan P4S dalam rangka mempercepat proses pembangunan pertanian dan perdesaan.

Baca juga: Bertani On Cloud, Inovasi Kementan Dongkrak Kompetensi Petani

Pembinaan P4S antara lain dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan/permagangan, usaha dan jejaring kerja. Selain itu, Pemerintah juga melakukan kegiatan klasifikasi P4S, guna mendorong pengelola P4S untuk meningkatkan kualitas pelatihan/permagangan secara terus menerus, sehingga P4S mampu menjadi pusat pelatihan pertanian yang berkualitas.

Terbentuknya P4S ini merupakan bentuk kerja sama antara Pemerintah dalam hal ini Kementan dengan Pemerintah Daerah di setiap kabupaten/kota untuk mengembangkan sumber daya manusia di bidang pertanian.

Dengan adanya P4S ini diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat.

Selain itu, dengan adanya program P4S ini diharapkan dapat tercipta kesamaan persepsi dan gerak langkah dalam melaksanakan pembinaan P4S diantara pengelola, pembina dan pemangku kepentingan P4S lainnya.

Baca juga: Pasar Mitra Tani, Upaya Kementan Stabilkan Rantai Pasok Pertanian

Saat ini, P4S sudah terbentuk sebanyak 1.207 P4S yang terdiri dari kelas pratama (659 P4S), madya (446 P4S), dan utama (102 P4S) yang tersebar di 34 provinsi.

Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) memiliki berbagai jenis bentuk usaha tani dan teknologi yang diterapkan, seperti komoditas tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, alsintan, pengolahan hasil, dan pertanian terpadu. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here