Home Perikanan Kenali Hatchery Udang yang Menjanjikan!

Kenali Hatchery Udang yang Menjanjikan!

Hatchery Udang

Udang merupakan salah satu komoditas perikanan unggulan dalam program revitalisasi perikanan. Budidaya udang mengalami perkembangan yang pesat dipicu oleh permintaan pasar yang cukup tinggi. Peningkatan tersebut didukung oleh berkembangnya teknologi budidaya udang saat ini. Di sisi lain, perkembangan teknologi pembenihan udang tidak sepesat kegiatan usaha budidaya/ pembesaran udang. Hal ini dipengaruhi oleh terbatasnya penyediaan benih dengan kuantitas dan kualitas yang baik. Oleh karena itu, untuk menghasilkan budidaya udang yang maju perlu didukung pasokan benih dari hatchery yang handal dan berkelanjutan.

Pengembangan pembenihan udang dengan skala rumah tangga (HSRT) yang telah menerapkan Cara Pembenihan Ikan yang Baik (CPIB) dipandang strategis untuk memproduksi benih udang yang bermutu. Maka dari itu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perikanan dan Kelautan (KKP) membidik peningkatan produksi komoditas ini dengan target hingga 250% DI TAHUN 2024.

Peluang hatchery ke depan sangat menjajikan karena permintaan benur meningkat sejalan dengan pembukaan lahan tambak baru dan peningkatan target produksi oleh pemerintah. Keberhasilan budidaya udang tergantung dari lima aspek yaitu pemilihan lokasi, kualiats pakan, kualitas benih/benur, kualitasĀ  air, serta manajemen budidaya. Kelima aspek tersebut tidak dapat dipisahkan dan saling keterkaitan seperti mata rantai. Disinilah peran hatchery sangat penting.

Guna mendorong percepatan pengembangan usaha pembenihan diperlukan dukungan dalam penyediaan sarana dan prasarana yang memadai dengan pembinaan dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas yang membidangi Kelautan dan Perikanan di daerah. Teknologi HSRT diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya pembenih udang dan akan berdampak pada peningkatan produksi perikanan budidaya nasional.// rane

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here