Home Pertanian Kenali Pangan Lokal Pengganti Nasi

Kenali Pangan Lokal Pengganti Nasi

Agrozine.id – Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap nasi masih sangat tinggi. Nasi memang makanan pokok masyarakat di Indonesia sejak dulu sampai ada istilah yang mengatakan “Orang Indonesia tidak kenyang kalau belum makan nasi”. Nasi memang mengenyangkan, tapi memiliki kandungan gula tinggi yang dapat mengakibatkan kegemukan. Sekarang ada banyak pangan lokal pengganti nasi yang bisa kita konsumsi. Selain mengenyangkan pangan lokal ini juga memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan nasi.

Berbagai jenis pangan memiliki keunggulan sehingga layak dijadikan sebagai pengganti nasi. Berikut ini agrozine sudah merangkum jenis pangan lokal pengganti nasi.

1.Sorgum

Sorgum adalah tanaman sejenis padi dan jagung yang diperkirakan berasal dari Afrika dan kini beradaptasi dengan lingkungan tropis maupun sub tropis. Beras sorgum memiliki kandungan nutrisi lebih baik dibandingkan beras padi. Beras sorgum memiliki kadar protein 8-10% dan index glicemix lebih rendah dibanding beras nasi sehingga cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalankan program diet.

2.Sagu

Selanjutnya adalah sagu.Pangan lokal ini sudah dikonsumsi dan dijadikan makanan pokok oleh masyarakat Papua dan Maluku. Namun sagu sebagai makanan pokok mulai ditinggalkan sejak padi masuk ke daerah tersebut. Biasanya sagu diolah menjadi tepung sagu sebelum dimasak. Sagu dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi karena memiliki kandungan nutrisi yang relatif lengkap. Sagu memiliki kandungan karbohidrat kompleks sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Sagu memiliki indeks glicemix yang rendah sehingga tidak mudah meningkatkan kadar gula tubuh.

3. Ubi jalar

Ubi juga bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi. Ubi digemari masyarakat Indonesia. Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat kompleks, protein,serat,vitamin dan zat besi. Ubi jalar dapat menurunkan kadar gula darah dan melancarkan pencernaan.

4. Jagung

Jagung juga bisa menjadi alternatif pilihan makanan pengganti nasi. Jagung sudah menjadi makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara dan Madura karena memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi. Melalui situs resminya, Badan Litbang Pertanian Indonesia menyatakan bahwa jagung dapat dijadikan sebagai bahan makanan pengganti nasi karena jagung memiliki komposisi kimia yang terdiri dari 71,3% pati, 3,7% protein, 1,0% lemak, 86,7% serat kasar, dan 0,34 % gula. Jagung juga kaya akan kandungan vitamin A, B, serta vitamin E.

5.Singkong

Selanjutnya adalah singkong. Singkong merupakan pangan lokal yang bisa dimaksimalkan karena produksinya lebih dari 28 juta ton. Ada delapan provinsi yang menjadi sentra singkong yaitu Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTT, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Utara.

Singkong memiliki kandungan kalori rendah hanya 154 kkal per 100 gram atau setengah dari kalori beras sehingga layak dikonsumsi secara teratur. Singkong dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah berbagai penyakit seperti kanker usus, menjaga kesehatan jantung dan baik untuk penderita diabetes karena kandungan gulanya rendah.

Pangan lokal pengganti nasi bisa jadi alternatif makanan sumber karbohidrat. Selain menyehatkan, mengonsumsi pangan lokal juga membantu meningkatkan kembali minat masyarakat untuk mengembangkan sumber daya pangan. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here