Home Peternakan Kenali Penyakit Tetelo pada Unggas,Ayam Rentan Terserang

Kenali Penyakit Tetelo pada Unggas,Ayam Rentan Terserang

Agrozine.id. Penyakit tetelo pada ayam atau unggas, atau sering juga disebut Newcastle Disease (ND) adalah salah satu jenis penyakit yang sering meyerang ungags terutama  ayam.Penyakit ini disebabkan virus paramyxco yang muncul pertama kali di New Castle Inggris pada tahun 1926 dan hingga saat ini masih menjadi masalah serius di industri perunggasan.Penyakit tetelo tidak menular kepada manusia.Namun persebaran penyakit ini sangat cepat dan intensitas kematian unggas terutama ayam yang disebabkannya bisa mencapai 90%.

Virus penyebab penyakit teteo dibedakan menjadi 2 jenis yaitu virus ganas yang menyebabkan kematian hingga mencapai 80-1005,virus sedang  menyebabkan kerusakan saluran pernapasan  dan saraf.Kematiannya hanya mencapai 10% dan jarang terjadi pada ayam dewasa. Virus lemah yang menyebabkan terjadinya penurunan kualitas pada produksi telur.

Penyakit tetelo biasanya menyerang pada musim pancaroba atau pergantian musim kemarau ke musim penghujan. Penyakit ini bisa menular lewat ludah,feses,makanan,minuman juga Udara sehingga menyebabkan penularannya cepat. Unggas yang terkena penyakit tetelo akan menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut:

1.Terlihat pucat dan jengger pada ayam lemah

2.Banyak mengeluarkan air mata

3.Pipi dan tenggorokan padat atau membengkak

4.Balung dan piyalnya kadang berwarna merah keungu-unguan hingga lembayung tua

5.Kotoran menjadi kebiruan dan kepala ayam menjadi tengleng

6.Setelah itu ayam akan lumpuh dan kemudian mati

Faktor pemicu terjadinya penyakit tetelo ini pada umumnya bisa dibedakan menjadi dua yaitu faktor eksternal yang berasal dari kebersihan kandang dan lingkungan sekitar ayam dan faktor internal yaitu daya tahan tubuh si ayam sendiri.

Untuk mencegah penyakit tetelo ini bisa dilakukan dengan pemberian vaksin pada ayam. Vaksin yang diberikan adalah vaksin NCD dengan pola 4-4-4 yang artinya vaksin diberikan pada ternak ungags saat berumur 4 hari,4 minggu dan 4 bulan.

Cara pemberian vaksin untuk mencegah ND pada ayam dapat dilakukan dengan cukup mudah. Untuk ayam yang berusia 4 hari diberi vaksin dengan cara tetes mulut atau tetes mata.Untuk yang sudah berusia 4 minggu dan 4 bulan pemberian vaksin dilakukan dengan cara penyuntikan dan sebelum disuntikkan vaksin terlebih dahulu diencerkan.

Penyakit tetelo kadang juga muncul disertai dengan gejala klinis penyakit lain sehingga untuk mendiagnosanya terkadang agak menyulitkan. Oleh karena itu,selain memperhatikan kondisi fisik ayam,penting juga untuk memastikan kondisi kandang dan lingkungan sekitarnya agar tetap bersih dan sehat,agar penyakit tetelo /New Castle Disease (ND) bisa dicegah sejak dini.(Ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here