Home Pertanian Kenali Startup Crowde, Solusi Masalah Modal Petani

Kenali Startup Crowde, Solusi Masalah Modal Petani

Agrozine – Sebagai negara agraria, Indonesia menggantungkan pertumbuhan ekonominya pada sektor pertanian. Mayoritas penduduk Indonesia bermata pencaharian sebagai petani guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun sayangnya, masih banyak petani yang mengalami kendala untuk akses modal usahanya.  Di era industri 4.0, berbagai sektor kehidupan semakin dekat dengan pendekatan teknologi digital. Saat ini mulai banyak bermunculan startup fintech yang mampu memberi solusi masalah keuangan. Dalam artikel ini, kita akan kenali lebih lanjut startup Crowde yang menawarkan bantuan untuk masalah permodalan petani. Simak ulasannya!

 

Startup Crowde

Crowde merupakan sebuah platform peer to peer lending yang dapat membantu para petani dengan masalah akses modal. P2P lending sendiri merupakan alternatif baru untuk mengembangkan maupun mendapatkan dana dalam bentuk pinjaman. Crowde dapat mempertemukan para petani lokal yang berkompetensi dengan pemodal usaha tani untuk melakukan kerjasama. Selanjutnya, proyek yang diajukan oleh petani mitra Crowde dapat membantu kegiatan budidaya dan jual beli dalam jangka waktu tertentu. Tidak hanya itu, Crowde akan membantu petani dalam distribusi hasil pertanian dan menjaga suplai komoditas. Startup ini memiliki visi untuk memberdayakan petani Indonesia menuju agropreneur mandiri. Crowde sebagai platform permodalan pertanian ingin menciptakan ekosistem pertanian yang efisien.

 

Cara Bergabung sebagai Pemodal

Platform Crowde menawarkan pinjaman dan sistem bagi hasil keuntungan untuk para mitranya. Kamu bisa mulai melakukan permodalan dengan dana minimal Rp 100.000. Untuk mengakses layanannya, kamu dapat melakukan registrasi di website resmi Crowde. Setelah memiliki akun Crowde, masuklah ke akun dan pilih bagian “Proyek Permodalan” untuk memilih proyek yang kamu ingin investasikan. Kamu dapat mengisi ulang Rekening Dana Lender melalui transfer ATM ataupun M-Banking. Masukkan nominal yang kamu inginkan dan klik “Modali Sekarang”, tidak lama setelah itu kamu akan mendapatkan konfirmasi permodalan dari Crowde yang dikirim melalui email.

 

Cara Bergabung sebagai Pembeli

Crowde membuka peluang untuk para mitra bekerjasama dengan petani. Bila kamu seorang pemilik bisnis yang sedang membutuhkan pasokan komoditas pertanian, kamu dapat mendaftarkan diri sebagai Pembeli. Semisal kamu seorang pemilik restoran, kafe, minimarket, ataupun hotel kamu akan mendapatkan beragam keuntungan sebagai Pembeli. Harga komoditas yang ditawarkan tergolong kompetitif karena merupakan hasil panen langsung dari petani. Kamu juga mendapatkan jaminan kualitas dengan spesifikasi yang diminta. Untuk mendaftar kamu cukup mengirimkan uraian informasi komoditas yang dibutuhkan, jumlah kuantitas, dan memberikan estimasi harga beli. Sertakan pula bukti legalitas perusahaan dan kirim uraian melalui email mitra@crowde.co.

 

Cara Mendaftar sebagai Pemasok

Tidak hanya sebagai Pembeli, kamu dapat bergabung sebagai mitra Pemasok bila memiliki hasil panen untuk memenuhi permintaan konsumen dan menjangkau pasar yang lebih luas. Bila kamu adalah seorang pengepul lokal, bergabung dalam kelompok tani ataupun koperasi tani, kamu bisa bergabung sebagai Pemasok. Keuntungan sebagai mitra pemasok Crowde yakni mendapat jaminan pembeli atas hasil panen. Kamu juga bisa memperluas jaringan dan mendapatkan data perkiraan penanaman sesuai permintaan. Untuk mendaftar sebagai Pemasok, kirimkan uraian daftar komoditas yang diusahakan, jumlah hasil panen, dan estimasi harga jualnya melalui email mitra@crowde.co.

 

Nah, sekarang kita kenali startup Crowde yang memberikan solusi cerdas untuk memberdayakan petani. Crowde yang berada dibawah PT Crowde Membangun Bangsa telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Bahkan para co-founders nya, yakni Yohanes Sugihtononugroho dan Muhammad Risyad Ganis menerima penghargaan Forbes 30 under 30 untuk kategori Social Entreprenurship dan penghargaan bergengsi lainnya. Bila kamu tertarik bekerjasama sebagai supplier maupun distributor, kamu dapat mengunjungi website resminya untuk informasi lebih lanjut. (rin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here