Home Biodiversitas Kenalkan Tanaman Hias Imut yang Diburu Kolektor, Anthurium Tusuk Konde dengan Harga...

Kenalkan Tanaman Hias Imut yang Diburu Kolektor, Anthurium Tusuk Konde dengan Harga Jutaan

Agrozine.id – Sepanjang tahun 2020, tren mengoleksi dan budidaya tanaman hias sangat ramai di masyarakat. Bahkan dengan semakin banyaknya aktivitas di rumah akibat pandemi Covid-19 membuat semakin tingginya minat masyarakat untuk berkebun di rumah. Memasuki bulan keempat di tahun 2021 pun sepertinya tren tanaman hias ini tidak juga kendor dan bahkan semakin meningkat, hingga harga tanaman hias yang dijual di pasaran pun semakin menggila dan hampir tidak masuk akal. Salah satu tanaman hias yang sudah mulai langka yakni Anthurium tusuk konde atau yang memiliki nama ilmiah Dorstenia elata ini bahkan dihargai dengan angka yang cukup fantastis.

Anthurium tusuk konde dengan tinggi kurang lebih 6 cm dihargai senilai Rp 1,5 juta per potnya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kean, salah seorang kolektor tanaman hias di Bandung. “Harga jualnya lumayan naik drastis. Yang dewasa dengan ukuran korek mencapai 1,5 juta rupiah per potnya”, ujar Kean.

Baca Juga: Jangan Sampai Gak Punya, Ini 7 Jenis Tanaman Hias Tren 2021

Menurut Kean, faktor yang membuat jenis tanaman hias ini mahal adalah karena perkembangbiakannya yang tergolong sulit. Adapun tanaman hias Anthurium tusuk konde memiliki ciri daun berwarna hijau tua dengan urat tulang daun besar dan menonjol. Tanaman ini berasal dari hutan hujan tropis Amerika Serikat, namun aslinya tanaman ini adalah dari Afrika.

Anthurium tusuk konde ini biasanya tumbuh di atas permukaan tanah dan memiliki banyak cabang yang mengarah keatas. Ciri khas dari tanaman ini adalah bentuk daunnya yang unik dan beberapa spesies memiliki bunga kecil yang mirip dengan bunga matahari. Tanaman hias ini memberikan kesan yang nampak indah dan elegan dan cocok digunakan sebagai dekorasi di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Baca Juga: Jenis Aglonema Terpopuler dan Harganya, Wajib Punya!

“Dulu masih banyak bibitnya. Tapi sekarang ini jarang yang punya. Untuk anakannya juga yang belum mempunyai batang seharga Rp 500 ribu per batang”, ujar Kean.

Namun biasanya semakin langka sebuah tanaman maka kolektor yang memburunya juga akan semakin banyak sehingga membuat harga di pasaran melonjak. Selain itu, Anthurium tusuk konde ini juga memiliki tampilan yang indah dan terkesan mewah sehingga pengoleksi tanaman hias semakin menggila dan berbondong-bondong untuk memiliki tanaman yang satu ini. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah punya koleksi tanaman hias ini? (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here