Home Peternakan Kenapa Ayam Tidak Berkokok? Ini Alasannya

Kenapa Ayam Tidak Berkokok? Ini Alasannya

Agrozine.id РAyam adalah salah satu hewan peliharaan yang banyak disukai orang. Biasanya ayam dipelihara untuk keperluan diambil daging dan telurnya. Namun ada juga ayam yang sengaja dipelihara untuk dilombakan tentang suara kokoknya. Memelihara ayam seringkali menimbulkan masalah akibat suaranya. Terutama suara ayam jago yang seringkali membuat suatu kota melarang pemeliharaan unggas termasuk ayam. Namun ada kalanya ayam jago tidak berkokok sama sekali. Dalam artikel ini kita akan membahas empat penyebab kenapa ayam tidak berkokok:

 

1.Cedera

Ayam yang mengalami cedera akan cenderung diam jika dibandingkan dengan ayam jago yang dalam keadaan baik-baik saja. Selain itu hal ini juga merupakan salah satu cara yang dilakukan ayam agar terhindari dari serangan predator. Kadang kala ayam juga bertingkah diam secara naluriah agar tidak menarik perhatian predator. Ketika ayam jantan tidak berkokok, ayam ini percaya bahwa dirinya tidak dapat terlihat dan jauh dari radar pemangsa.

2.Penyakit

Selain mengalami cedera, ayam jantan yang terkena penyakit juga cenderung diam dan tidak berkokok. Tapi bukan karena mereka menghindari predator.Ketika ayam jantan yang terkena penyakit tidak berkokok, kesunyiannya ada dua. Pertama energi yang dikeluarkan untuk berkokok sepanjang hari telah dialokasikan kembali untuk memerangi virus dan bakteri yang menyerang sistem imunnya. Sedangkan yang kedua adalah dengan tetap diam saat sakit, ayam jantan yang sakit menghindari menarik perhatian ayam jantan lain di kawanannya.

3.Penindasan

Dalam kawanan ayam jago, pejantan alfa kadang-kadang sangat dominan dan agresif sehingga ayam jago dengan peringkat lebih rendah sering kali menjadi sasaran penindasan. Oleh karena itu kawanan ayam yang terkena penindasan akan cenderung diam dan tidak berkokok untuk metode perlindungan diri.

4. Usia

Faktor lain yang membuat ayam jago tidak berkokok adalah usia. Artinya ayam jantan yang tidak berkokok biasanya dikarenakan belum mencapai tingkat kedewasaan.  Ayam jantan muda biasanya berkokok setelah berumur 8 hingga 10 minggu.

Itulah empat alasan yang menyebabkan mengapa ayam jantan tidak berkokok. Segera periksa kondisi ayam peliharaan anda jika menunjukkan salah satu gejala diatas. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here