Home Pertanian Kenapa Harga Monstera Mahal? Ini Alasannya

Kenapa Harga Monstera Mahal? Ini Alasannya

Agrozine.id – Tren tanaman hias selalu menarik untuk dibahas. Hal ini jugalah yang terjadi pada tanaman hias kekinian monstera atau janda bolong. Akhir-akhir ini tanaman hias janda bolong kerap digandrungi, namun, tahukah kamu kalau monstera ini memiliki harga selangit? Lalu kenapa harga monstera mahal? Simak ulasan berikut ini ya!

5 Alasan Harga Monstrea Mahal

1. Tanaman hias yang super langka

Alasan pertama harga tanaman ini mahal adalah karena termasuk dalam jenis tanaman langka atau sulit ditemukan. Selain itu terdapat juga beberapa jenis monstera yang memiliki keunikan seperti Monstera variegata yang terbilang memiliki harga selangit karena selain langka juga budidayanya agak sulit.

2. Permintaan pasar meningkat

Meningkatnya permintaan pasar terhadap tanaman hias yang satu ini juga turut menjadi faktor penyebab tingginya harga jual.

Baca Juga : Jenis-jenis Monstrea Yang Perlu Anda Ketahui

3. Fungsi estetika yang mewah

Alasan ketiga dibalik mahalnya harga tanaman ini adalah fungsi estetika yang diberikan. Bagi sebagian orang memiliki koleksi di rumah adalah sebuah prestise tersendiri.

Tak hanya indah, keberadaan tanaman di dalam ruangan juga menambah kesegaran dan keasrian ruangan. Di benua Amerika tanaman jenis ini dikenal dengan nama swiss cheese plant karena bentuknya yang menyerupai keju Swiss berlubang.

4. Budidayanya lambat

Tanaman ini memiliki perkembangan yang cukup lambat sehingga budidaya juga cenderung lambat. Bahkan dalam waktu 3 bulan pun tanaman ini baru muncul tunas kecil. Hal tersebutlah yang juga menjadi faktor penyebab tingginya harga jual juga.

Baca Juga : Tips Merawat Tanaman Hias, Apa Saja?

5. Monstera memiliki banyak keunikan

Tanaman monstera memiliki banyak keunikan yang juga berperan penting dalam penentuan harga jualnya. Beberapa keunikan atau keistimewaan tanaman ini adalah sebagai berikut:

  • Warna daunnya mewah

Ciri utama daun tanaman monstera adalah bentuknya yang menyerupai bentuk hati. Selain itu warna daun tanaman ini juga terlihat mengkilat yang tampak mewah. Selain itu daun bolong-bolong juga menjadi keunikan tanaman ini karena berbeda dengan tanaman lainnya.

  • Mudah dirawat

Meski budidayanya tergolong lambat, namun tanaman monstera mudah dirawat. Monstera cukup toleran dengan kondisi ruangan yang minim pencahayaan sehingga tidak perlu repot-repot untuk memindahkan tanaman ini ke ruangan yang memiliki cukup pencahayaan.

  • Dapat memperbaiki kualitas udara

Selain terlihat mewah, dan mudah dirawat tanaman monstera juga dapat memperbaiki kualitas udara di dalam ruangan.

  • Bisa diperbanyak dengan stek batang

Selain perawatannya yang mudah, monstera juga bisa dibudidayakan menggunakan stek batang yang tergolong mudah. Hanya saja waktu tunggu untuk tanaman ini bertunas agak lama.

Itulah beberapa alasan kenapa harga monstera mahal. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat ya. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here