Home Biodiversitas Kenapa Sapi Holstein Berukuran Besar? Cek Faktanya Berikut Ini!

Kenapa Sapi Holstein Berukuran Besar? Cek Faktanya Berikut Ini!

Agrozine.id – Beberapa waktu lalu, beredar foto sapi berukuran besar yang selamat dari tempat pemotongan hewan di Australia. Bukan karena sapi tersebut berhasil melarikan diri ketika akan dipotong, namun karena ukurannya yang tidak wajar membuat pemilik tempat pemotongan hewan enggan memotongnya. Mereka berasalan ukuran sapi tersebut terlampau besar dan tidak akan muat dimasukkan ke dalam fasilitas tempat pemotongan hewan. Adalah Knickers, seekor sapi jantan jenis Holstein yang berukuran tidak wajar. Lalu kenapa sapi Holstein berukuran besar?

Sapi yang lolos dari tempat pemotongan hewan berukuran 194 cm tingginya dan bobotnya mencapai 1400 kg. Ukuran tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan sapi dewasa pada umumnya yang memiliki tinggi 140 cm dan bobot badan sekitar 600-800 kg.

Knickers adalah sapi jantan berjenis Holstein Friesian, ras sapi yang berasal dari Belanda bagian utara dan Jerman Utara yang dibiakkan untuk memproduksi susu selama 2000 tahun terakhir. Akibatnya sapi ini bertubuh lebih bongsor dibandingkan dengan sapi jenis lainnya secara umum. Hal tersebut kemungkinan karena waktu hidupnya yang lebih lama.

Knickers bisa hidup hingga usia 9 tahun dan menurut Pearson, peternak sapi dimana sapi Holstein besar ini dititipkan, ukuran Knickers memang diatas rata-rata, lebih menonjol dan lebih besar dibandingkan dengan sapi-sapi Holstein pada umumnya. Pearson juga mengatakan bahwa indukan Knickers ini berukuran normal.

Lalu mengapa ukuran sapi Holstein yang satu ini sangat besar? Menurut Prof Min Du, seorang ahli biologi pertumbuhan di Washington State University terdapat beberapa mutasi atau sesuatu yang terjadi pada hormon pertumbuhan sehingga mengakibatkan sapi ini berukuran jauh diatas normal. Kemungkinan Knickers mengeluarkan terlalu banyak hormon pada usia 2 atau 3 tahun.

Baca Juga: Sapi Wagyu dan Cara Perawatannya, Harga Selangit!

Selain itu, Aniek Bouwman, seorang ahli pembiakan hewan dan genomik dari Universitas Wageningen Belanda mengatakan bahwa sapi Holstein jantan bisa mencapai tinggi hingga 182 cm dan betina hingga 137 cm. Menurut Bouwman Knickers ini berukuran sangat besar karena umurnya yang sudah mencapai 9 tahun sedangkan rata-rata sapi Holstein dibawa ke tempat pemotongan hewan saat berumur 2 atau 3 tahun.

Bouwman juga mengatakan bahwa biak gigantisme memang dimiliki oleh beberapa jenis hewan. Ia menulis analisis Ameta di Nature pada tahun 2018 yang mengatakan bahwa gen yang sama mengatur pertumbuhan pada anjing, sapi dan manusia sehingga hal tersebut berarti bahwa ukuran raksasa seperti Knickers bisa saja terjadi pada mamalia manapun dalam kondisi yang tepat.

Namun Bouwman mengatakan untuk memastikan analisis tersebut perlu dilakukan tes DNA. Ia juga mengatakan bahwa adanya kemungkinan terjadinya kerusakan kelenjar pituitari Knickers yang mengatur pertumbuhannya sehingga menyebabkan terjadinya pertumbuhan yang tidak normal.

Baca Juga: Pembiakan Sapi Efisien dan Ramah Lingkungan untuk Peternak

Sementara itu, Richard Wassersug profesor herpetologis dari Univresity of British Colombia mengatakan bahwa adanya batasan yang jelas tentangĀ  seberapa besar organisme darat bisa tumbuh sebelum sistem organnya tidak lagi memenuhi kebutuhan kolektif ke organ lainnya dan fungsinya akan gagal.

Namun dikatakan Pearson, Knicker tidak menunjukkan adanya masalah pada kesehatan, namun bisa saja suatu hari Kinckers akan mengalami gangguan kesehatan dengan beban tubuhnya yang berat. Itulah alasan kenapa sapi Holstein berukuran besar. Pertumbuhan yang tidak normal seperti ini juga bisa terjadi pada hewan lainnya dengan berbagai faktor yang bisa menyebabkannya dan tentu membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan faktor apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here