Home Pertanian Ketahui Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

Ketahui Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

Manfaat Terong Belanda

Agrozine.id – Manfaat terong belanda. Buah ini dikenal dengan nama tamarilo, ini adalah tanaman dari suku terong yang memiliki warna kuning jingga atau merah. Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, inilah terong belanda. Memiliki kulit luar yang terasa pahit, namun daging buahnya memiliki kandungan air yang banyak dan segar. Yuk simak manfaatnya untuk kesehatan.

10 Manfaat Terong Belanda Untuk Kesehatan

1. Mengatasi masalah pencernaan

Kandungan serat yang tinggi membuatnya baik untuk mengatasi masalah pencernaan. Mengonsumsi secara rutin juga dapat  meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

2. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat terong belanda selanjutnya adalah untuk menjaga metabolisme tubuh. Vitamin B yang terkandung membantu menjaga kekebalan tubuh terutama vitamin B kompleks yang menjadi kunci dalam metabolisme tubuh.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Manfaat ketiga ini adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan kandungan vitamin C yang ada di dalan satu buah. Jika rutin mengonsumsi terong belanda maka vitamin C nya akan membantu melawan bakteri infeksius dan bakteri mikroorganisme.

4. Mencegah penyakit kanker

Manfaat terong belanda yang keempat yaitu memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berfungsi untuk mencegah kanker. Setiap 100 gram mengandung antioksidan mencapai 1.659.

Antioksidan yang terkandung antara lain pigmen athocyanin, poplyphenolic, flavonoid dan asam klorogenat. Senyawa inilah yang akan melindungi semua sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan infeksi radikal bebas. Jadi, kerusakan DNA tidak akan terjadi.

5. Memelihara kesehatan jantung

Buah ini juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan jantung karena adanya kandungan potasium yang dapat berfungsi menyeimbangkan kadar natrium tinggi dalam jantung. Kandungan magnesiumnya juga membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

6. Menjaga kesehatan mata

Vitamin dalam buahnya mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan. Dengan rutin mengonsumsi 1 buah yang dihaluskan tiap hari tanpa gula, dapat menjaga kesehatan penglihatan.

Baca juga: Manfaat Terong Gelatik

7. Membantu mengendalikan diabetes

Kandungan zat antioksidan didalamnya juga bermanfaat untuk mengendalikan diabetes. Kandungan antioksidan bisa mengurangi stres oksidatif pada organ dan pankreas.

8. Menyehatkan kulit wajah

Manfaat terong belanda ini juga bermanfaat untuk menyehatkan kulit wajah. Kandungan vitamin A, C C dan E membantu menjaga kesehatan kulit wajah dan membuatnya bercahaya.

Baca Juga : Manfaat Kale Untuk Kesehatan

Antosianin, flavonoid dan fenol membantu kulit mengatasi stress, oksidasi dan polusi. Tak sedikit yang menjadikannya buah ini dihaluskan dan dibuat sebagai masker wajah.

9. Bagus untuk menurunkan berat badan

Buah ini memiliki kandungan kalori yang rendah sehingga baik untuk menurunkan berat badan. Buah ini juga memiliki serat dan kadar air yang tinggi sehingga akan membuat kita kenyang lebih lama.

Baca Juga : Budidaya Penganan Untuk Diet

10. Cegah darah tinggi

Per 100 gram mengandung 321 mg kalium. Dengan jumlah kalium itu, baik untuk menjaga detak jantung dan tekanan darah yang normal. Oleh karena itu sangat baik untuk pasien hipertensi.

Itulah beragam manfaat terong belanda yang bisa diketahui untuk menjaga kesehatan ataupun melakukan terapi untuk keluhan tertentu pada tubuh. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here