Home Pertanian Keunggulan Krisan Varietas Hartuti, Krisan Potong Hasil Inovasi Balitbang

Keunggulan Krisan Varietas Hartuti, Krisan Potong Hasil Inovasi Balitbang

Agrozine.id – Berbicara mengenai bunga krisan, pasti sudah tidak asing lagi di telinga. Bunga potong ini memang kerap kali dijadikan hiasan maupun buket untuk berbagai acara. Kementerian Pertanian melalui Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) berhasil menciptakan inovasi baru pada tanaman hias yaitu dengan munculnya bunga krisan potong varietas hartuti. Lalu apa keunggulan krisan varietas hartuti, jika dibandingkan dengan krisan lainnya?

Krisan hartuti dikenal memiliki bunga tipe spray berbentuk tunggal dengan warna pink dengan jumlah bunga 22-26 kuntum. Dalam satu kali musim tanam, krisan hartuti memiliki potensi untuk menghasilkan 50-60 tangkai bunga per meter persegi. Jika diperhatikan secara morfologi batang, krisan hartuti memiliki batang penampang bulat berwarna hijau dengan daun berbentuk bercangap miring, sedangkan perakarannya adalah akar serabut dengan waktu inisiasi stek yang cepat.

Krisan hartuti memiliki keunggulan sebagai berikut :

  • mempunyai pertumbuhan yang cepat
  • batangnya sangat kuat
  • untuk menunjang pertumbuhan diameter yang besar, krisan hartuti memiliki daun yang tebal
  • periode kesegaran bunga dalam ruangan bertahan lebih lama
  • sistem perakaran serabut dengan waktu inisiasi yang cepat
  • dapat dikembangkan di daerah yang memiliki ketinggian tempat mulai dari 700 mdpl -1200 mdpl

Kementerian Pertanian merilis krisan varietas hartuti pada Juli 2014 dengan Surat Ketetapan Menteri Pertanian Nomor 049/Kpts/SR.120/D.2.7/2014. Varietas krisan hartuti ini merupakan turunan esensial dari varietas Dark Pink Mum melalui induksi mutasi gamma.

Baca Juga: Mengenal Tanaman Florikultura dan Teknologinya

Oleh Menteri Pertanian, dikatakan bahwa upaya pengembangan varietas krisan hartuti ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mendorong ekspor komoditas unggulan sebagai sumber devisa negara dimana salah satunya adalah ekspor tanaman hias seperti bunga krisan ini.

Baca Juga: Varietas Tanaman Hias Indonesia Bernilai Ekspor Tinggi

Hal ini sejalan juga jika melihat potensi tanaman hortikultura di Indonesia. Diantara tanaman hortikultura di Indonesia, kelompok florikultur memang memiliki potensi ekspor yang sangat tinggi mengingat saat ini pasar internasional mulai berubah ke arah tanaman hias tropis.

Selain inovasi krisan varietas hartuti ini, kedepannya Kementerian Pertanian juga akan menghadirkan berbagai inovasi pertanian yang semakin terarah, maju dan modern dengan berbagai komoditas tanaman lain yang memiliki keunggulan seperti keunggulan krisan varietas hartuti ini. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here